Membentuk Kerjasama dengan Metode Make-A Match

Oleh : Siti Palentina, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kerjasama merupakan kegiatan atau usaha yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama dapat dibentuk dari rasa saling membutuhkan satu dengan yang lainnya, tanpa ada rasa saling menyakiti, melukai, membenci, ataupun merendahakan. Karena dengan kerjasama dapat meningkatkan rasa kekeluargaan, kerukunan sehingga muncul rasa solidaritas yang tinggi.

Untuk membentuk solidaritas ini tidak semudah membalikkan telapak tangan mengingat dimaana masing-masing siswa mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, sifat yang berbeda-beda, dan ekonomi keluarga yang berbeda-beda. Sehingga untuk menyatukan mereka dalam bingkai kejasama maka dibutuhkan kesabaran dalam pembelajaran. Metode yang digunakan guru harus bervariasi supaya siswa tidak bosan, tidak mengantuk, tidak malas, maka dalam pembelajaran kerjasama ini guru mengunakan metode yaitu metode Make a Match. Metode Make a Match ini adalah metode permainanan kartu pasangan dalam batas waktu yang ditentukan.

Dalam proses pembelajaran di kelas 7 dengan materi kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan guru perlu menggunakan metode-metode tertentu supaya pembelajaran lebih menarik. Dalam pembelajaran ini guru mengunakan metode Make a Match dengan tujuan siswa dapat bekerjasama dengan baik, siswa menjadi tau arti penting dari kerjasama. Langkah-langkah dalam metode Make a Match adalah guru menyiapkan materi pembelajaran tentang kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan, guru menyiapkan kartu pertanyaan dan kartu jawaban sejumlah siswa, guru meminta siswa mengambil kartu yang sudah disiapkan, guru meminta siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan jawaban (dengan cara kerjasama ), guru meminta siswa yang kartunya cocok dengan jawaban untuk maju presentasi di depan kelas, siswa yang bisa menyelesaikan jawaban sebelum batas waktu habis akan diberi poin, guru meminta masing-masing pasangan (kartu soal dan kartu jawaban) membuat kesimpulan.

Baca juga:   Pembelajaran Kelangsungan Hidup Organisme dengan “JAS”

Penerapan metode Make a Match ini sangat disenangi oleh siswa karna menciptakan suasana aktif dan menyenangkan. Materi pembelajaran yang disampaikan lebih menarik perhatian siswa, mampu meningkatkan hasil belajar siswa, suasana gembira tampak jelas diraut wajah siswa, siswa saling mencari dan menemukan, dapat meningkatkan kerjasama antar siswa, muncul rasa percaya diri dari siswa, muncul keberanian untuk tampil mempresentasikan hasil kerja pasangan. Pembelajaran dengan metode Make a Match ini bisa terjadi kalau ada kerjasama diantara siswa, tidak ada siswa yang berkuasa. Dengan siswa dapat bekerjasama yang baik di sekolah terutama di kelas, maka diharapkan siswa dapat menerapkan kerjasama di lingkungan keluarga, masyarakat, serta diberbagai bidang kehidupan, mengingat kerjasama itu sangat penting bagi manusia. (pg1/ton)

Guru PPKn SMP N 20 Semarang

Populer

Lainnya