Media Interaktif Tingkatkan Belajar Ciri-Ciri Pubertas Remaja

Oleh : Nurjuangsih S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN IPA ada yang sebagai produk dan sebagai proses. Maka dalam penilaian belajar IPA terdapat penilaian produk atau hasil belajar dan penilaian formatif dan penilaian sumatif. Sementara penilaian yang melibatkan proses belajar dikenal sebagai assesmen.

Proses pembelajaran peserta didik kelas VI SDN 02 Widuri, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, dalam pembelajaran IPA dengan Kompetensi Dasar (KD) Ciri-ciri Pubertas Pada Masa Remaja, tidak mencapai hasil yang memuaskan. Terbukti, hasil yang dicapai hanya 40 persen dari 22 siswa. Semua ini dikarenakan tidak sedikit siswa yang takut dan malu mempertanyakan tentang hal-hal seputar pubertas dan seksualitas baik kepada gurunya maupun orang tuanya. Pelajaran yang diberikan umumnya bersifat resmi dan ilmiah, cenderung kurang diminati siswa.

Ciri-ciri pubertas pada perempuan ditandai dengan perubahan fisik seperti payudara berkembang dan menstruasi. Sedangkan pada laki-laki, perubahan fisiknya adalah suara bertambah berat dan tumbuhnya rambut halus pada bagian wajahnya. Masa pubertas adalah masa di mana anak lelaki dan anak perempuan mengalami proses kematangan seksual. Masa pubertas meliputi serangkaian tahapan fisik yang hasil akhirnya adalah kesuburan dan perkembangan karakteristik seksual, yaitu bagian-bagian tubuh yang diasosiasikan dengan lelaki atau perempuan dewasa seperti tumbuhnya bulu kemaluan. Setiap anak memulai masa pubertasnya di waktu yang berbeda-beda. Lamanya proses pubertas yang dialami tiap anak berbeda antara seorang anak dengan anak yang lainnya. Namun secara umum, masa pubertas dialami pada usia 10-15 tahun. Salah satu gejala yang tampak dimulainya masa pubertas adalah dialaminya menstruasi pertama kali untuk remaja putri, dan mimpi basah untuk remaja putra.
Media interaktif merupakan salah satu media yang mengandung dan menggabungkan dua unsur atau lebih, seperti teks, grafis, gambar, ilustrasi, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi, dan di dalamnya terjadi interaksi antara aplikasi dengan pengguna. Penggunaan media interaktif sebagai media pembelajaran dapat membantu siswa. Dalam hal ini adalah remaja, untuk lebih mengerti tentang topik yang diajarkan menjadi lebih baik dan mandiri.

Baca juga:   Metode Example Non Example Tingkatkan Belajar Sikap Rendah Hati

Menurut Robin dan Linda (dikutip Benardo, 2011) Multimedia Interaktif adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif, yang mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video. Menurut Hofstetter (dikutip Benardo, 2011) multimedia interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

Media interaktif sangat kental dengan image modern. Tentunya akan menarik minat belajar siswa. Segala sesuatu yang berteknologi tinggi seperti komputer, iPad, handphone, smartphone telah menjadi benda-benda yang diangap menarik, lebih praktis, dan dapat meninggikan prestige. Karena itu, penggunaan media interaktif menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Penggunaan media interaktif bertujuan untuk mengajarkan siswa tentang pubertas dengan cara yang benar dan menarik. Cara yang menarik ditempuh melalui media interaktif yang dekat dengan kehidupan dan kebiasaan mereka. Tingkat kecenderungan siswa dalam penggunaan media interaktif ini berada dalam kualifikasi baik yaitu 95 persen. (pg1/ida)

Baca juga:   Pembelajaran Daring Puisi di Masa PKKM

Guru SDN 02 Widuri, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang

Populer

Lainnya