Efektivitas Pembelajaran Alquran dengan Media Audiovisual

Oleh : Dewi Noviyanti, M.Pd.I

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pelaksanaan pendidikan selama masa Covid-19 seharusnya bisa menjadi kesempatan untuk melakukan transformasi pendidikan. Guru juga bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan transformasi pendidikan melalui kebiasaan-kebiasaan baru dalam pendidikan yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. Saat ini media pembelajaran merupakan salah satu hal yang terpenting untuk memudahkan menyampaikan materi pembelajaran.

Media merupakan istilah dalam bentuk jamak dari medium yang secara makna berarti perantara atau pengantar. Media pembelajarn adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta mampu merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga mampu mendorong terjadinya proses kegiatan belajar mengajar yang diinginkan.

Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hidup manusia. Pendidikan mengemban tugas untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul dalam kepribadian, pemikiran, dan karya sebagai sumber daya manusia yang berkualitas sehingga mampu menjadi tonggak bangsa dan negara. Jadi, pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Dalam peoses pendidikan tercakup kegiatan pembelajaran. Pendidikan ditempuh melalui tiga jalur yaitu: pendidikan formal, pendidikan informal dan pendidikan nonformal. Proses pembelajaran yang dilakukan disekolah merupakan aplikasi dari pendidikan formal. Melalui sekolah, siswa disiapkan agar dapat mencapai perkembangan pemahaman suatu kompetensi secara optimal. Seorang siswa yang berhasil dalam proses pembelajarannya, dapat dilihat melalui hasil belajar yang dicapainya.

Baca juga:   Serunya Belajar Organ Pencernaan Hewan dan Manusia dengan Make a Match

Menurut Sanaky Hujair, 2009:45, media audio visual adalah seperangkat alat yang dapat memproyeksi gambar dan suara. Alat-alat yang termasuk media audiovisual contohnya televisi, video-VCD, sound slide, dan film. Media audiovisual merupakan suatu media yang terdiri dari media visual yang disinkronkan dengan media audio, yang sangat memungkinkan terjalinnya komunikasi antara guru dan peserta didik didalam proses belajar mengajar. Dari jenis-jenis media audiovisual tersebut baik media audiovisual gerak dan audiovisual diam semua jenisnya bisa digunakan oleh guru dalam pembelajaran membaca Alquran seperti halnya di SD Negeri 01 Donowangun diharapkan siswa mampu membaca Alquran dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah membaca Alquran. Dalam proses pembelajaran guru bisa menggunakan video dan film bergerak.

Media dirancang untuk membantu dalam proses belajar mengajar dan dalam penggunaannya mempunyai dua tujuan, tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum dari penggunaan media audiovisual adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan tujuan khusus dalam penggunaan media audiovisual adalah untuk menunjang kegiatan kelas, mendorong dalam menggunakan penerapan-penerapan ataupun cara-cara yang sesuai dengan mencapai tujuan program akademis. Dan untuk membantu memberikan perencanaan, operasional dan tindak lanjut untuk mengembangkan sistem instruksional.

Baca juga:   Momen Hari Raya Kurban dalam Membentuk Karakter Pelajar Pancasila

Populer

Lainnya