Cara Asyik Menghafal Rumus Volume Bangun Ruang dengan Pesan Berantai/Berbisik

Oleh : Arie Suryani,S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran Matematika sering kali membuat siswa malas dan memusingkan. Tidak hanya bagi siswa Sekolah Dasar saja, tetapi hampir semua siswa sekolah menganggap mata pelajaran Matematika adalah mata pelajaran tersulit bagi mereka. Hal ini juga terjadi pada sekolah kami kelas 6 SD Negeri Karanggondang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Mereka mengalami kesulitan dalam materi menghafal rumus- rumus volume bangun ruang. Sebagai seorang guru saya merasa bertanggungjawab dan berupaya mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode pesan berantai.

Bermain games seperti pesan berantai sangat mengasyikan. Cara bermainnya pun juga sederhana. Ada beberapa pendapat tentang cara memainkan pesan berantai/berbisik diantaranya yakni pemain terdiri dari empat atau lima orang, berdiri agak berjauhan sebagai jarak bagi masing-masing pemain. Pemain pertama dibisikkan clue, kata, atau kalimat oleh pemandu lalu pemain pertama berjalan ke arah pemain kedua dan membisikkan kata yang ia dengar tadi. Pemain kedua setelah mendengar kata dari pemain pertama kemudian berjalan dan membisikkan kata tersebut kepada pemain ketiga. Begitu seterusnya sampai pada pemain kelima atau pemain terakhir. Tugas pemain terakhir adalah melaporkan kata yang ia terima kepada pemandu, pemandu lalu menyesuaikan kata yang ia berikan kepada pemain pertama dengan hasil laporan dari pemain terakhir. Laporan tersebut dapat kita ketahui adakah penambahan atau pengurangan dalam klue atau kalimat tersebut, perbedaan antara satu individu dengan individu yang lain berkenaan dengan hasil dari klue atu kalimat tadi disebut dengan persepsi, yaitu pengorganisasian, penginterpretasian terhadap stimulus yang diinderanya sehingga merupakan sesuatu yang berarti, dan merupakan respon yang integrated (Walgito, 2010).

Baca juga:   Pembelajaran Daring yang Efektif selama Pandemi Covid-19

Menurut pendapat lain mengenai langkah-langkah permainan bahasa bisik berantai yaitu bagi kelas dalam regu-regu lalu bentuk lingkaran, bisikan sebuah kalimat pendek kepada seseorang siswa pada tiap regu, ia harus membisikkannya lagi kepada teman di sebelahnya, siswa terakhir harus mengatakan keras kepada guru, regu yang berhasil mengucapkan kalimat yang benar ialah pemenangnya (M. Subana dan Sunarti, Pustaka Setia, 2011).

Manfaat dari permainan ini adalah melatih kecepatan dalam berpikir, melatih konsentrasi juga konsistensi dalam pengucapan kalimat. Terpenting dari permainan ini adalah tentang cara seseorang memanage memori atau ingatan yang baru saja ia terima lalu memanggilnya kembali dalam waktu yang relatif sebentar.

Populer

Lainnya