Asik Menulis Teks Prosedur Berbasis Android

Oleh:Rianta, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MENULIS teks prosedur merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat dalam kurikulum 2013 untuk kelas VII SMP. Peserta didik diwajibkan dapat menulis teks prosedur sesuai dengan struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur. Dalam KD 4.5 berbunyi Menyajikan data rangkaian kegiatan tentang cara melakukan sesuatu dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis. Kemampuan peserta didik dalam menulis teks prosedur masih rendah. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks prosedur tidak hanya terkait dengan strategi maupun model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru kurang menarik sehingga peserta didik terkesan membosankan, selain itu berbagai kondisi lainnya juga mempengaruhi minat peserta didik dalam menulis teks prosedur.

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Teks prosedur terdiri dari judul, bahan, bahan pelengkap, alat dan langkah-langkah. Menulis teks prosedur bertujuan agar peserta didik memahami bagaimana cara melakukan dan cara membuat sesuatu dengan langkah-langkah yang terurut.

Baca juga:   Dengan Kartu Soal Belajar Matematika Menjadi Lebih Menarik

Disaat pandemi Covid 19 pembelajaran daring tentunya menjadi tantangan bagi pendidik dimana pembelajaran dilaksanakan, peran guru sangat penting dalam memotivasi peserta didik untuk mau belajar dengan rajin, diantaranya dalam pembelajaran menulis teks prosedur agar terasa menyenangkan dan tidak membosankan bagi peserta didik. Aplikasi android digunakan untuk memudahkan interaksi peserta didik dengan materi pelajaran, peserta didik dengan guru, maupun antar peserta didik karena adanya berbagi fitur yang dapat diintegrasikan dalam aplikasi android. Mereka juga dapat saling berbagi informasi tentang materi pelajaran tanpa harus bertatap muka secara langsung. Adanya berbagai fitur yang ada dalam aplikasi android, salah satunya fitur yang dapat digunakan untuk menampilkan video contoh prosedur. Peserta didik dapat mengakses materi belajar dan mengkomunikasikan dengan guru kapanpun dan dimanapun.

Kegiatan pembelajaran dalam menulis teks prosedur yang dilakukan pertama kali adalah mengirimkan bahan ajar melalui Whatsapp (WA), peserta didik di arahkan untuk memahami langkah- langkah dalam membuat tentang teks prosedur, selanjutnya kegiatan tanya jawab terkait materi dilakukan untuk peserta didik yang belum mengerti tentang teksa prosedur. Setelah memahami materi yang telah diberikan peserta didik mengerjakan tugas untuk membuat teks prosedur sesuai dengan lembar kerja yang telah dikirimkan dengan arahan guru. Peserta didik mengirimkan hasil kerja melalui WA, kemudian guru bersama-sama memberikan evaluasi terhadap hasil kerja peserta didik.

Baca juga:   Pendekatan Saintifik Tingkatkan Partisipasi dalam Pembelajaran PPKn

Pemanfaatan media pembelajaran yang mampu mengembangkan ide atau gagasan peserta didik dalam menulis teks prosedur sangat penting, salah satunya dengan menggunakan media berbasis android. Seperti yang diterapkan di SMPN 1 Doro. Guru memanfaatkan aplikasi pembelajaran untuk mengirimkan tugas / materi melalui aplikasi whatsapp (WA) ataupun aplikasi lainnya yang dapat digunakan, sehingga membuat pembelajaran teks prosedur menjadi lebih menarik dan mampu membangkitkan minat, motivasi dan mengarahkan perhatian peserta didik. Peserta didik dapat memahami konsep teks prosedur yang meliputi isi, struktur dan cirri kebahasaan teks prosedur. (pg1/zal)

Guru Bahasa Indonesia SMPN 1 Doro

Populer

Lainnya