Belajar Pemrograman Java dengan Aplikasi Android Java n IDE

Oleh : Sapto Raharjo, S.Kom

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan dunia gadget dengan cepat sangat membantu kehidupan sehari-hari termasuk di dalam dunia pendidikan. Terlebih pembelajaran secara daring menjadikan gadget berperan penting dalam mengerjakan tugas maupun mempelajari materi yang disampaikan oleh para guru. Kemudahan akses materi dirahapkan dapat menambah semangat para siswa dalam belajar di rumah di masa pandemi.

Mata pelajaran pemrograman berorientasi objek yang mempelajari materi Java merupakan salah satu pelajaran di sekolah menengah kejuruan kelas XI jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Pelajaran ini mempelajari pemrograman dengan cara mengambil perumpamaan objek didunia nyata kemudian diaplikasikan kedalam bahasa pemrograman.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan didalam pemahaman terhadap pemrograman sehingga mudah dipahami. Objek adalah entitas yang memiliki atribut, karakter dan state (Douglas, 1992). Sebagai contoh objek burung memiliki sayap, paruh, kaki, kepala dan dapat terbang dimana ciri khas tersebut di dalam bahasa pemrograman dapat digunakan sebagai atribut dan metode.

Pada saat ini banyak sekali aplikasi yang disediakan oleh Google Playstore yang berhubungan dengan bahasa pemrograman salah satunya adalah Java n IDE. Melalui aplikasi ini para siswa dapat melakukan praktik pemrograman tanpa harus memiliki pc ataupun laptop. Selain hal tersebut aplikasi ini cukup ringan dan tidak membutuhkan space memori yang besar di gadget. Kelebihan ini diharapkan dapat memicu para siswa untuk lebih giat dalam belajar kapanpun dan dimanapun selama mereka membawa gadget.

Baca juga:   Layanan Bimbingan Klasikal dengan Game Edukasi Online Wordwall

Melalui aplikasi ini pembelajaran terasa menarik dikarenakan fasilitas yang dimiliki sudah lumayan bagus. Aplikasi Java n IDE menawarkan pembuatan listing program dengan memberikan warna tulisan yang berbeda. Hal ini meminimalisasi kesalahan pada penulisan dan memudahkan dalam pengenalan atribut yang digunakan. Ketika mengalami kesalahan di dalam penulisan pun akan muncul pesan-pesan kesalahan dan warna program menjadi merah dengan demikian pembetulan kesalahan mudah dilakukan.

Fasilitas lain yang diberikan adalah penyimpanan yang diberikan pilihan penyimpanan tempat. Kemudian adanya menu pencarian listing program, sharing program yang kita tuliskan dan contoh-contoh program yang dapat dilakukan pengeditan.

Dengan demikian para siswa dapat mengembangkan sehingga tercipta program yang lebih lengkap. Contoh program pun juga bervariasi dari program sederhana hingga tingkat lanjut dimana memerlukan pemikiran logika yang tinggi.

Siswa kelas XI RPL 1 di SMK Negeri 5 Kendal sudah menggunakan aplikasi ini dan antusias dalam belajar. Kemudahan didalam menginstall aplikasi melalui gadget yang dapat dilakukan sendiri menambah semangat para siswa. Terlebih kemudahan di dalam penggunaan, mereka dapat belajar bersama ketika bertemu. Dengan demikian apabila para siswa sudah memiliki minat, maka hal ini akan mendorong mereka untuk lebih giat kembali didalam belajar. (ti2/lis)

Baca juga:   Video sebagai Alternatif Pembelajaran Praktik Larutan Asam Basa

Guru SMK Negeri 5 Kendal

Populer

Lainnya