Ayo Belajar Lingkungan Rumahku dengan Metode Demonstrasi

Oleh : Aminah, S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Siswa kelas 1 SDN 04 Randudongkal belajar tema lingkungan rumahku bersama guru dengan menggunakan metode demonstrasi, berupa mendemonstrasikan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar sekolah. Harapan guru, dengan menggunakan metode tersebut siswa akan lebih aktif, dapat bekerjasama dengan siswa lain dan pembelajaran berlangsung menyenangkan.

Pengertian metode demonstrasi menurut pendapat Daryanto (2009:403), metode demonstrasi adalah cara menyajikan bahan pembelajaran dengan menampilkan atau memperagakan kepada peserta didik yang sering disertai penjelasan secara lisan. Sedangkan menurut pendapat Syaiful Bahri (2008: 210), metode demonstrasi menampilkan proses suatu benda maupun peristiwa yang dicontohkan oleh guru atau pengajar sehingga peserta didik dapat memahami dengan lebih mudah. Metode ini dipakai untuk mempertunjukkan sebuah proses atau bagaimana suatu benda bisa bekerja yang berkaitan dengan bahan pembelajaran.

Langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode demonstrasi menurut Daryanto (2009: 403), sebagai berikut: 1) Membagi dan menjelaskan sumber-sumber kegiatan demonstrasi. 2) Memberikan gambaran tentang seluruh kegiatan demonstasi dan mewujudkan hasil akhir. 3) Menghubungkan kegiatan dengan keterampilan yang dimiliki peserta dan keterampilan yang akan disampaikan. 4) Mendemonstrasikan langkah-langkah secara perlahan dan memberikan waktu yang cukup pada peserta untuk mengamatinya. 5) Menentukan hal-hal yang penting dan kritis atau hal yang berkaitan dengan keselamatan kerja.

Baca juga:   Kayu dan Karet Atasi Ketakutan Siswa Belajar Atletik Tolak Peluru

Langkah -langkah pembelajaran lingkungan rumahku dengan metode demonstrasi di kelas 1 SDN 04 Randudongkal, sebagai berikut: 1) Guru memberi penjelasan materi yang akan dipelajari. 2) Guru menjelaskan alur pembelajaran dengan metode demonstrasi. 3) Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dan tugasnya. 4) Guru mengajak siswa keluar ke halaman sekolah. 5) Kegiatan mendemonstrasikan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah (perumpamaan rumah siswa) dilaksanakan sesuai pembagian tugas dari guru sebelumnya sampai selesai pada waktu yang telah disepakati. 6) Guru memberikan penguatan, dengan tanya jawab hal-hal yang belum dipahami siswa.

Metode demonstrasi mempunyai kelebihan dan kelemahan, menurut Syaiful (2010: 210), kelebihan metode demonstrasi ini adalah: 1) Metode ini dapat membuat pengajaran menjadi lebih jelas dan lebih kongkret sehingga dapat menghindarkan verbalisme. 2) Siswa diharapkan lebih mudah memahami apa yang dipelajari. 3) Proses pengajaran akan lebih menarik. 4) Siswa dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dengan kenyataan, dan mencoba melakukannya sendiri. 5) Melalui metode ini, dapat disajikan materi pelajaran yang tidak mungkin, kurang sesuai dengan menggunakan metode lain.

Baca juga:   Google Classroom Tingkatkan Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Jarak Jauh

Populer

Lainnya