Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Teks Procedure dengan Snow Ball Throwing

Oleh : Cici Astuti, S.Pd, M.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dalam melaksanakan tugasnya, seorang guru dituntut melakukan berbagai hal yang tidak hanya terkait dengan disiplin ilmu yang harus ditransformasikan kepada peserta didiknya. Namun juga dituntut menguasai berbagai hal lain terkait mekanisme dan proses pembelajaran itu sendiri.
Guru dituntut mengelola kelas dengan baik dan kondusif sesuai materi atau kompetensi yang diharapkan dari peserta didik. Memberi motivasi kepada siswa, menerapkan metode yang sesuai. Menerapkan pola belajar dengan benar.

Motivasi dan semangat belajar yang rendah tersebut berdampak rendahnya prestasi dan hasil belajar siswa pada umumnya. Kurangnya sikap berkolaborasi dan bekerja sama antarsiswa dalam kelas juga berpengaruh kuat terhadap keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Rendahnya motivasi dan semangat belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor internal yang berasal dari diri siswa maupun yang berasal dari luar siswa atau faktor eksternal.

Faktor internal antara lain kurang siapnya siswa terhadap pembelajaran yang dikembangkan guru. Faktor eksternal misalnya sistem pembelajaran yang monoton sehingga gaya belajar siswa tidak terlayani secara proporsional. Kegiatan pembelajaran yang kurang memungkinkan siswa untuk melakukan sharing, kurangnya perhatian guru terhadap kesulitan belajar siswa. Dan sistem penilaian yang hanya mengakses hasil pembelajaran. Faktor tersebut secara terpisah maupun bersama akan mengurangi motivasi belajar dan berdampak pada rendahnya hasil belajar.

Baca juga:   Reading Tracing Optimalkan Penilaian Diri Siswa Pada Bahasa Jawa

Strategi pembelajaran sangat diperlukan dalam menjunjung terwujudnya seluruh kompetensi yang dimuat dalam Kurikulum 2013, salah satunya menggunakan metode pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 4 Ampelgading sampai saat ini belum menggunakan metode pembelajaran yang optimal. Peserta didik menjadi cepat bosan dalam mengikuti pelajaran bahasa inggris dan kurang peka terhadap masalah atau kejadian yang terjadi di sekitarnya, pada akhirnya hasil belajar menjadi rendah.

Upaya yang dapat dapat dilakukan guru untuk dapat memecahkan permasalahan tersebut, dengan mengubah sistem belajar melalui model pembelajaran inovatif dan bervariatif sehingga dapat memaksimalkan daya saing siswa melalui tim dalam kelas. Salah satu penggunaan metode pembelajaran pada siswa SMP kelas IX yang cocok adalah metode snowball throwing. Pembelajaran ini akan membangkitkan daya pikir siswa sehingga diharapkan menambah motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan penerapan metode snowball throwing diharapkan siswa menjadi lebih kritis dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis teks procedure.

Populer

Lainnya