Kecakapan TIK dalam Pembelajaran Abad 21

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran abad 21 menuntut guru dan peserta didik yang mempunyai karakteristik abad 21 pula. Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi penerus menjadi generasi yang memiliki kecakapan abad 21. Mampu berkomunikasi dengan baik, menggunakan berbagai metode dan strategi komunikasi. Juga mampu berkolaborasi dan bekerja sama dengan individu maupun komunitas dan jaringan. Jaringan komunikasi dan kerja sama ini memanfaatkan berbagai cara, metode dan strategi berbasis information and communications technology (ICT), dan bagaimana seseorang harus mampu bekerja secara bersama dengan kemampuan yang berbeda-beda.

Kecakapan TIK menjadi hal yang signifikan dalam pembelajaran abad 2, guru maupun peserta didik harus memiliki dan menguasai alat untuk bekerja dan belajar.

Guru harus kreatif dan inovatif dalam menggunakan teknologi agar pembelajaran tidak lagi monoton dan konservatif. Mungkin sebagian besar peserta didik lebih tertarik mempelajari TIK dibandingkan materi pembelajaran lainnya. Peserta didik bahkan rela berjam-jam di depan komputer untuk mengakses internet dan mencari informasi yang tidak bisa didapatkan di sekolah.

Fenomena seperti ini menjadi tugas dan pekerjaan rumah yang besar bagi dunia pendidikan untuk bisa mengadopsi dan melakukan inovasi pembelajaran.

Kecakapan TIK dalam pembelajaran daring saat ini menjadi suatu kebutuhan. Proses pembelajaran tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa kecakapan TIK baik dalam situasi khusus masa pandemi maupun tuntutan era digital.

Baca juga:   Prestasi Belajar Taharah Meningkat dengan Metode Jigsaw

Menurut Sutrisno (2011) tuntutan dalam menjawab globalisasi pendidikan telah hadir di depan mata. Berbagai perangkat komputer beserta koneksinya dalam menghantarkan peserta didik belajar secara cepat dan akurat apabila dimanfaatkan secara benar dan tepat.
Untuk itu dibutuhkan sumber daya manusia yang tanggap terhadap perkembangan TIK. Hal ini yang menjadi tantangan pembelajaran abad 21, kehadiran TIK dalam dunia pendidikan maka dituntut peserta didik untuk kreatif, inovatif, berfikir kritis serta metakognitif dan sehingga menjadikan peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerja kolaborasi. Dengan harapan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dapat dijadikan bekal hidup di masyarakat yang memiliki karakter baik lokal maupun global dan dapat dipertanggung jawabkan secara personal maupun sosial masyarakat.

Dengan hadirnya TIK di dunia pendidikan seyogyanya dapat menghantarkan wajah pendidikan ke arah yang lebih baik sehingga tantangan pembelajaran abad 21 dapat terselesaikan. Tentunya tidak terlepas dari peran guru sebagai tenaga pendidik yang dituntut kreatif dan inovatif mengembangkan pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi dan komunikasi.

Dalam proses pembelajaran abad 21, TIK merupakan alat bantu dalam upaya mencapai proses pembelajaran yang mengutamakan kemampuan, keterampilan, kecakapan abad 21 yang harus dimiliki oleh peserta didik. Banyak perangkat teknologi atau aplikasi berbasis teknologi informasi yang menunjang aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran untuk mencapai kecakapan abad 21.

Baca juga:   Belajar Materi Makanan Mudah dengan Model SiBel

Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan peserta didik dalam pembelajaran yaitu aplikasi presentasi seperti Microsoft Powerpoint, Lectora, Macromedia Flash dan sebagainya. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut akan memicu kreativitas peserta didik dalam mengembangkan materi presentasi dimana peserta didik dapat memanfaatkan teknologi multimedia yang dapat diintegrasikan pada aplikasi-aplikasi tersebut.

Dengan memiliki kecakapan abad 21 khususnya penggunakan teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu dalam mengembangkan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kecakapan abad 2. Seperti kemampuan berkomunikasi, kolaborasi, kreativitas, inovasi, kemandirian dan sebagainya. Pembelajaran TIK di SMP Negeri 2 Tengaran juga mengutamakan kecakapan TIK pada peserta didik. Kecakapan TIK merupakan bekal bagi peserta didik yang tidak hanya akan bermanfaat bagi peserta didik dalam pembelajaran TIK saja namun akan sangat bermanfaat untuk semua pelajaran. Kecakapan TIK menjadi suatu keharusan dan mutlak untuk dimiliki untuk menghadapi tantangan dan tuntutan zaman milenial. (ti1/lis)

Guru TIK SMP Negeri 2 Tengaran

Populer

Lainnya