Cara Mudah Ujian atau Ulangan dengan WhatsApp Auto Response

Oleh : Rohayati, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di zaman yang sudah maju dan serba canggih seperti sekarang ini semua kegiatan menjadi lebih mudah. Semua orang telah mengenal HP untuk mengakses semua kegiatan, terutama di bidang pendidikan semua kegiatan dapat dilakukan dengan menggunakan WhatsApp.

Pada masa pendemi Covid-19 yang sebagian besar sekolah dan kampus menerapkan kuliah online/pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Di masa Pandemi ini semua sektor terganggu, terutama sektor pendidikan oleh karena itu seorang guru harus berusaha mencari jalan dan berinovasi dalam kegiatan pembelajaran agar tercapai semua rencana kegiatan pembelajaran,oleh karena itu kami di SD Negeri 1 Cipawon mempunyai terobosan untuk menilai/ulangan menggunakan WhatsApp Auto Response.

Dengan adanya HP sekarang menjadi barang penting untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh terutama WhatsApp yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, sehingga kegiatan pembelajaran juga akan lebih mudah dalam penyampaian kepada siswa.
Dengan WhatsApp Auto Response guru akan lebih mudah untuk menilai karena dengan WhatsApp auto Response dapat terjangkau oleh semua siswa. Karena hemat kuota dan jaringan internet, ujian online di WhatsApp Auto Response ini bisa menjangkau seluruh mahasiswa/siswa termasuk yang berada di pelosok sekalipun.

Baca juga:   Teknik Tutor Sebaya Mampu Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Lebih disukainya lagi kebanyakan orang sudah familiar dalam menggunakan WhatsApp, hanya saja cara membuat soal ujian online di WhatsApp Auto Response inilah yang kadang menjadi masalah,akan tetapi masalah itu tidak menjadi kendala untuk membut soal online.
Dengan WhatsApp Auto Respones dengan mudah dapat memberikan jawaban secara otomatis dan memberikan skor nilai sekaligus. Keunggulan WhatsApp Auto Response untuk ujian online antara lain mudah dalam pengoperasian, berjalan secara otomatis, dapat dijangkau oleh siswa yang berada di pelosok sekalipun, konsumsi kuota sedikit. Skor atau nilai ujian dapat ditunjukkan langsung setelah selesai, memperingan kerja guru dalam pemberian nilai.

Setelah pembelajaran yang dilakukan lewat WhatsApp guru melakukan penilaian menggunakan WhatsApp Auto Response yang sebelumnya telah disiapkan dengan cara membuat akun google guna membuat soal-soal di google drive dan google sheets.
Kesimpulan, dengan aplikasi WhatsApp Auto Response guru akan lebih mudah untuk menilai karena dengan WhatsApp Auto Response dapat dijangkau oleh semua siswa. Dari keunggulan – keunggulan tersebut maka pembelajaran akan lebih mudah dan terarah. Setelah adanya aplikasi WhatsApp Auto Response peserta didik bersemangat dan termotivasi untuk selalu belajar dan membaca materi, menggali pengetahuan yang ada pada buku, terutama pada siswa kelas 2 di SDN 1 Cipawon, dengan adanya aplikasi WhatsApp Auto Response peserta didik yang tadinya sulit diajak belajar membaca akhirnya tergugah atau termotivasi untuk belajar membaca materi yeng telah di berikan guru. (btj2.1/lis)

Baca juga:   Cara Asyik Belajar dari Rumah

Guru SD Negeri 1 Cipawon, Bukateja, Kabupaten Purbalingga

Populer

Lainnya