Pembelajaran Menyenangkan dengan Ular Tangga Layer of Earth

Oleh : Ekawati Rohmani, S. Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Objek materi lapisan-lapisan bumi adalah benda yang sifatnya abstrak dan tidak dapat diamati dengan panca indera. Oleh sebab itu wajar apabila materi ini tidak mudah dipahami oleh peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan melalui permainan.

Permainan ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh dua orang atau lebih. Papan permainan ular tangga terbentuk dari susunan kotak-kotak kecil dalam suatu persegi dan pada beberapa kotak digambar sejumlah tangga dan ular yang menghubungkannya dengan kotak lain (Melsi, 2015). Tidak ada papan permainan standar dalam ular tangga, jadi setiap orang dapat menciptakan ukuran papan permainan ular tangga, dengan jumlah kotak, ular dan tangga sesuai yang diinginkan (Yumarlin, 2013).

Pembelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 2 Sukorejo Kendal pada materi lapisan-lapisan bumi telah menggunakan media yang diberi nama Ular Tangga Layer Of Earth. Ular tangga Layer Of Earth adalah permainan ular tangga seperti pada umumnya, yaitu memerlukan papan untuk tempat ular tangga, dadu beserta bidak. Perbedaan ular tangga Layer Of Earth dengan permainan ular tangga biasa adalah pada papan ular tangga Layer Of Earth nomor-nomor tertentu ditempeli soal yang harus dijawab oleh pemainnya apabila berhenti pada nomor-nomor tersebut.

Baca juga:   Belajar Relasi dan Fungsi dengan Wawancara

Papan ular tangga dibuat dari kotak-kotak yang disusun dengan aturan 8 baris dan 8 kolom, masing-masing kotak diberi nomor, sehingga pada papan ular tangga ini hanya terdiri dari 64 nomor. Setiap satu baris terdiri dari 8 warna kotak yang berbeda. Untuk pembuatan ular dan tangganya menggunakan kertas emas. Dadu yang digunakan dibuat menggunakan kertas bufalo dengan ukuran sisi 2 cm, dan untuk bidaknya menggunakan kertas origami ukuran 3,5 cm X 3,5 cm yang dibentuk kerucut. Untuk kotak nomor 1 diberi tulisan start dan kotak nomor 64 diberi tulisan finish.

Cara menggunakan Ular Tangga Layer Of Earth adalah sebagai berikut: (1) permainan dimulai dari kotak bernomor 1 dan berakhir pada kotak bernomor 64, (2) guru membagi peserta didik dalam 8 kelompok, atau setiap kelompok terdiri dari 3-4 peserta didik, (3) untuk menentukan urutan main, setiap kelompok melakukan hom pim pah, (4) pemain urutan pertama melempar dadu, lalu meletakkan bidak pada kotak sesuai dengan jumlah bulatan yang tertera di dadu, (5) apabila bidak berhenti pada kotak yang berisi pertanyaan maka pemain tersebut harus menjawab soal yang tertempel di kotak tersebut, (6) jika pemain bisa menjawab pertanyaan pemain dipersilahkan untuk melanjutkan permainan, tetapi bila tidak bisa menjawab diberi hukuman menyanyi di depan teman sekelompoknya, (7) bila saat melempar dadu mendapatkan bulatan 6 dan setelah meletakkan bidak di kotak yang sesuai maka pemain dipersilahkan untuk melempar dadu kembali, (8) jika pemain berikutnya bidaknya terletak pada kotak yang sama, maka bidak dari pemain yang terdahulu harus mengulang lagi ke kotak bernomor 1 atau dimulai lagi dari start, (9) permainan dilanjutkan untuk pemain kedua, ketiga dan seterusnya dengan aturan yang sama, (10) pemenang dari permainan ini adalah pemain yang paling cepat sampai pada kotak bernomor 64.

Baca juga:   Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Volume dan Waktu dengan Metode Jigsaw

Populer

Lainnya