Asyiknya Belajar Angkasa Luar dengan Aplikasi Sky Map

Oleh : Parinem,S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Bagaimana menciptakan kelas menyenangkan dan memotivasi belajar tinggi menjadi pertanyaan penting bagi guru dalam mendesain pembelajaran sebelum praktik pembelajaran. Hal ini menjadi penting karena kelas menyenangkan akan membawa semangat belajar siswa dan memotivasi belajar siswa secara maksimal. Pada kenyataannya tidak mudah mewujudkan kelas menyenangkan seperti yang alami penulis mengajar di kelas VI (enam) SD Negeri 01 Nyamok Kajen. Banyak ditemukan siswa yang bosan dan tidak termotivasi dalam kelas pembelajaran. Sehingga menjadikan penulis menggunakan media kekinian dalam pembelajaran materi angkasa luar yaitu aplikasi Sky Map.

Hujair AH Sanaky (2013:4) menjelaskan media pembelajaran adalah sarana atau alat bantu pendidikan yang dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk mempertinggi efektifitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pengajaran. Sky Map merupakan aplikasi dengan banyak fitur yang membantu kalian untuk menemukan letak berbagai macam benda langit. Dari menemukan bintang, galaks, nebula, matahari, atau apapun itu yang pastinya merupakan benda langit. cara kerja aplikasi ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi pada PC yaitu Stelarium ataupun celestia. Aplikasi ini sebagai media sangat berguna bagi para guru dalam pembelajaran angkasa luar atau astronomi untuk membantu mereka menemukan lokasi objek yang akan diamati, cukup dengan menekan tombol search maka akan muncul kolom pencarian dan tinggal kita masukan saja kata kunci untuk mencari benda langit tersebut, maka dengan mudah anda dapat menemukannya karena apllikasi ini akan memandu dengan menunjukan lokasi objek berupa tanda panah.

Baca juga:   Menyulap Barang Bekas menjadi Barang Berkelas

Langkah –langkah pembelajaran materi tema angkasa luar dikelas VI (enam) di SD Negeri 01 Nyamok sebagai berikut pertama, guru menyampaikan pra pembelajaran berupa motivasi ditampilkan gambar astronot dan galaksi bima sakti kemudian disampaikan ada yang ingin jadi astronot, siapa yang tahu posisi bumi ini. Pertanyaan untuk menggugah semangat rasa ingin tahu. Kemudian guru menyampaikan materi tema angkasa luar beserta kompetensi dasar dan indikator pencapaiannya, lalu guru menjelaskan penggunaan aplikasi adroid sky map. Setelah itu guru menjelaskan bahwa sebagai berikut : Pertama, buka aplikasi sky map pada android kalian. Kedua, aturlah waktu dan posisi/ koordinat wilayah pengamatan kalian. Ketiga, masukkan wilayah koordinat pada kolom setting, perhatikanlah gambar. Keempat, setelah pada bagian setting telah anda ganti sesuai dengan wilayahnya maka sekarang kita dapat mencari objek yang dituju dengan lebih akurat dengan menyentuk gambar search. Kelima, Contoh yang saya tampilkan diatas adalah mencari moon atau bula , setelah itu kemudian tekan enter, maka akan muncul bulatan yang disertai panah yang akan membantu kalian menemukan objeknya “perhatikan warna ungu bulat dengan tanda panah”. Ketujuh, ketikkan objek yang dituju telah didapatkan maka bulatan tadi akan berubah warna menjadi oranye seperti pada gambar di bawah ini. Tanda ini mengindikasi bahwa objek bulan telah ditemukan. Sebagai evaluasi pembelajarannnya adalah siswa melakukan penceritaan didepan kelas terhadap hasil sky map yang telah dilakukan.

Baca juga:   Permasalahan Pubertas pada Siswa Dapat Teratasi dengan Model CPS

Kegiatan pembelajaran tema angkasa luar menjadi menarik karena melibatkan teknologi kekinian, dan menambah keseruan karena dikerjakan secara kelompok. Manfaat lain yang penulis peroleh dengan media aplikasi sky map ini adalah pembelajaran menjad asyik dan menyenangkan, kerjasama antar teman, berpikir analitis dan sikap tanggungjawab. (ce3/ton)

Guru Kelas VI SD Negeri 01 Nyamok Kajen

Populer

Lainnya