Pembelajaran Materi Transformasi, Menyenangkan dengan Power Point Interaktif

Oleh : Rina Suryani, S.Pd.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di masa pandemi seperti sekarang ini pelaksanaan pembelajaran sulit untuk dilakukan secara tatap muka. Pemerintah dengan berbagai program kebijakannya menetapkan untuk dilaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Tentu tidak sedikit kendala yang dihadapi ketika melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh antara lain peserta didik tidak memiliki ponsel yang bisa mendukung pembelajaran jarak jauh, ada beberapa peserta didik kurang menguasai teknologi sehingga sulit untuk mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh secara tepat waktu.

Meskipun demikian para guru terus mengupayakan agar pembelajaran jarak jauh tetap bisa diikuti oleh seluruh peserta didik. Sebagai contoh yang dilakukan di SMP Negeri 3 Satu Atap Warureja Kabupaten Tegal. Kami para guru menggunakan media pembelajaran jarak jauh dengan google classroom. Sebelum dilakukan pembelajaran para peserta didik diberi pengarahan dan bagi yang tidak memiliki ponsel maka sekolah memberi pinjaman tablet milik sekolah untuk digunakan.

Pembelajaran jarak jauh berlaku untuk semua mata pelajaran termasuk Matematika. Matematika merupakan pelajaran yang sering dianggap sulit bagi sebagian besar peserta didik.
Salah satu contohnya adalah pembelajaran materi transformasi dengan media power point interaktif. Di sini guru menyajikan materi dengan diselipkan kuis interaktif menggunakan media power point supaya peserta didik merasa tertantang dan penasaran.

Baca juga:   Membangun Kepercayaan Diri melalui Aplikasi TikTok dalam Pembelajaran Matematika

Guru membuat media pembelajaran power point dengan diberi action hyperlink. Pada slide pertama terdiri dari judul dari pembelajaran yaitu materi Transformasi, Kelas dan tombol mulai. Tombol mulai diberikan action hyperlink sehingga ketika menekan tombol mulai akan menuju ke slide selanjutnya. Kemudian pada slide kedua berisi Menu yang terdiri dari Petunjuk, Materi, Kuis dan Rangkuman yang masing-masing diberi action hyperlink. Ketika peserta didik ingin membaca materi maka mereka tinggal tekan tombol materi. Maka akan langsung menuju ke slide yang berisi materi. Demikian juga ketika peserta didik akan membuka kuis interaktif, maka mereka tinggal menekan tombol kuis.

Dalam kuis interaktif terdapat soal-soal yang berbentuk pilihan ganda tentang materi transformasi. Supaya menarik, dalam pilihan jawaban soal diberi ikon yang dibuat animasi dan diberi fungsi trigger. Sehingga ketika peserta didik menjawab benar maka akan muncul ikon jempol disertai dengan suara tepuk tangan. Ketika peserta didik menjawab salah maka akan muncul ikon menangis disertai bunyi benda yang keras misalnya bunyi bom.

Baca juga:   Belajar Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak dengan Peer Teaching

Pemanfaatan media power point interaktif seolah bisa mewakili kehadiran guru di kelas. Manakala ada peserta didik yang masih salah dalam menentukan jawaban, guru merespon jawaban yang belum betul tersebut melalui icon menangis diiringi suara bom. Peserta didik tersenyum atau bahkan tertawa ketika icon dan suara tersebut muncul. Ia bisa mengulang mencoba memilih jawaban lainnya. Ketika peserta didik menjawab dengan benar, guru merespon pilihan tepat tersebut dengan ikon jempol disertai suara tepuk tangan meriah. Peserta didik merasa senang mendapat hadiah pujian tersebut. Peserta didik semakin bersemangat mendapatkan tepuk tangan lebih banyak.

Pemanfaatan media pembelajaran power point interaktif pada pelajaran matematika dengan pokok bahasan trasnformasi menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Peserta didik bisa aktif mengerjakan soal dan langsung mendapatkan respon. Peserta didik tidak putus asa meskipun jawaban yang dipilih belum betul. (bp2/ton)

Guru Matematika SMPN 3 Satu Atap Warureja, Kabupaten Tegal

Populer

Lainnya