Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Strategi True or False

Oleh : Muhammad Taufiq S.Ag M.S.I.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SEKOLAH sebagai suatu lembaga pendidikan formal, secara sistematis telah merencanakan bermacam lingkungan, yakni lingkungan pendidikan, yang menyediakan bermacam kesempatan bagi peserta didik untuk melakukan berbagai kegiatan belajar sehingga para peserta didik memperoleh pengalaman pendidikan (Sahilun An Nasir:2002).

Hal yang tidak kalah penting untuk mencapai hasil pendidikan maksimal adalah ketangkasan seorang guru menumbuhkan motivasi siswa agar bisa menerima pelajaran dengan baik. Karena motivasi adalah serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu yang menumbuhkan gairah, rasa senang dan semangat untuk belajar yang semua itu merupakan syarat untuk belajar yang baik sehingga berpengaruh pada hasil belajar.

Sehubungan dalam proses pembelajaran yang ada di SMP Negeri I Bojong, guru sudah tidak sering menggunakan metode ceramah dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode ceramah ini bukan berarti tidak efektif dalam proses pembelajaran. Akan tetapi dalam metode ini, guru belum bisa membangkitkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran tersebut.

Salah satu usaha yang guru lakukan adalah bagaimana cara menyampaikan materi pelajaran mudah dipahami siswa, salah satunya dengan menggunakan strategi. Yakni salah satu komponen untuk ikut ambil bagian bagi keberhasilan pembelajaran. Dari hal tersebut, guru PAI dan Budi Pekerti merasa tertarik melakukan suatu tindakan perbaikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative learning tipe true or false.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Matematika dengan Snowball Throwing Berbantu Papan Pengurangan

Cooperative learning tipe true or false adalah suatu strategi belajar kolaboratif yang dapat mengajak siswa untuk terlibat ke dalam materi pembelajaran dengan segera. Strategi ini menumbuhkan kerjasama tim, berbagi pengetahuan dan belajar secara langsung.

Penerapan strategi pembelajaran tipe true or false ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri I Bojong Kabupaten Pekalongan. Penerapan strategi ini diujicobakan oleh penulis sebagai bentuk penggunaan strategi yang tidak monoton dan penggunaan strategi yang bervariasi dalam melakukan proses pembelajaran dan sebagai bentuk perbaikan proses pembelajaran. Motivasi merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya proses pembelajaran dengan baik untuk mencapai tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan dengan baik. Dengan penerapan strategi yang penulis lakukan, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sangat baik. Karena, segala sesuatu yang dilakukan dengan baik, berawal dari motivasi yang baik.

Guru adalah figur manusia, sumber yang menempati posisi dalam memegang peranan penting dalam pendidikan. Guru dan anak didik adalah dua sosok manusia yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Dimana ada anak didik, disana ada guru yang ingin memberikan pembinaan dan bimbingan. Guru dengan ikhlas memberikan apa yang diinginkan oleh anak didiknya. Terimakasih untukmu guruku. (ti1/ida)

Baca juga:   Kenali Bilingualisme Anak Didikmu

Guru PAI & BP SMP Negeri 1 Bojong

Populer

Lainnya