Media Video Animasi untuk Penguatan Karakter Mupel IPA pada PBJJ

Oleh : Totok Prasetyo, S.Pd.SD.

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DAMPAK besar Pandemi Covid 19 sangat terasa disemua lini kehidupan, tidak lain pada dunia pendidikan. Perlu pemikiran luas dan cerdas pada dunia pendidikan dalam menghadapi situasi pandemi. Pemerintah berupaya keras untuk tidak menghilangkan hak peserta didik dalam pendidikan. Apapun caranya peserta didik harus mendapatkan pelayanan berupa pendidikan dan pengajaran. Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PBJJ) menjadi solusi yang wajib dilaksanakan oleh dunia pendidikan terutama dari kalangan guru, karena semua lembaga pendidikan diharuskan untuk menerapkan Belajar Dari Rumah (BDR).

Tidak mudah menerapkan PBJJ pada peserta didik. Invovasi pembelajaran, strategi pembelajaran maupun kreatifitas guru untuk membelajarkan siswa dengan PBJJ menjadi tuntutan mutlak. Untuk menunjang keberhasilan peserta didik dalam belajar melalui PBJJ terutama pada aspek penguatan karakter pada pembelajaran IPA, perlu adanya inovasi pada media pembelajaran. Munadi (2008:7) mendifinisikan media pembelajaran sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.

Baca juga:   Layanan Bimbingan Kelompok Tingkatkan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Peserta Didik di Kelas

Pada pembelajaran Mupel IPA kelas IV SD kompetensi dasar mengidentifikasi hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan, SD Negeri Kaliboyo 01 pada masa pandemi ini melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui PBJJ dengan media Video Animasi dengan harapan dapat terjadi peningkatan pada aspek penguatan karakter. Animasi merupakan proses pembentukan gerak dari berbagai media atau objek yang variasikanengan efek – efek dan filter , gerakan transisi, suara – suara yang selaras engan gerakan animasi tersebut.

Agus Suheri (2006 : 2).Media vidio animasi mempunyai manfaat antara lain siswa dapat lebih mudah memahami suatu proses yang sulit diterjemahkan oeh teks, siswa mampu memahami keadaan nyata dari suatu proses, fenomena atau kejadian, vidio animasi dapat menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural. Pada materi hubungan anatara makhluk hidup dengan lingkungan, untuk mengambil nilai karakter bagi peserta didik, penulis mencoba menggunakan media pembelajaran berupa video animasi tentang hubungan makhluk hidup dengan lingkungan, agar peseta didik memahami betul nilai karakter yang ada pada video animasi misalnya tanggung jawab, saling menghormati dan nilai disiplin. Untuk lebih menguatkan lagi nilai karakter agar melekat pada ingatan peserta didik, vidio animasi dapat diputar kembali. Penggunaan media vidio animasi agar memudahkan dalam pembelajaran, bisa dilakukan dengan mengirimkannya melalui whatsaap grup.

Baca juga:   Belajar Perpindahan Kalor Menyenangkan dengan Model STAD dan Eksperimen

Hasil dari pembelajaran peserta didik harus mencakup tiga aspek yaitu kognitif, avektif, dan psikomotor. Hasil dari aspek avektif dapt berupa karakter peserta didik yang meningkat. Walaupun pembelajaran pada masa pandemi tidak dilakukan dengan luring atau tatap muka, tetapi dengan daring atau online dengan alat teknologi informasi, hasil pembelajaran berupa penguatan karakter harus benar – benar tercapai. Untuk itu pada era milenial revolusi industri 4.0, selain kemampuan kognitif berupa ilmu pengetahuan dan teknologi harus tinggi, kompetensi dalam bidang karakter juga harus dikedepankan. Penggunaan media pemmbelajaran Video animasi bisa dijadikan solusi inovatif untuk meningkatkan hasil pembelajaran berupa aspek kognitif, avektif dan psikomotorik. (ti1/zal)

Guru SDN Kaliboyo 01, Kabupaten Batang

Populer

Lainnya