Penggunaan Media Lingkungan pada Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Oleh: Muyasaroh,S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN yang efektif perlu didukung oleh penggunaan media pembelajaran. Selain berfungsi sebagai alat bantu bagi guru dalam mengajar, media pembelajaran juga dapat menjadi alat bantu bagi siswa agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang di pelajari. Untuk meningkatkan hasil belajar, maka media pembelajaran perlu dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa, termasuk di dalamnya adalah media lingkungan sekitar sebagai media dan sekaligus sumber belajar.

Menurut Arsyad (2002) prosedur belajar untuk memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar ditempuh melalui beberapa cara antara lain survey, berkemah, karya wisata, praktek lapangan dan pelayanan pada masyarakat.

Lingkungan yang ada di sekitar anak-anak kita merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dioptimalkan untuk pencapaian proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Jumlah sumber belajar yang tersedia di lingkungan tidaklah terbatas, sekalipun pada umumnya tidak dirancang secara sengaja untuk kepentingan pendidikan. Sumber belajar lingkungan ini semakin memperkaya wawasan dan pengetahuan anak karenna mereka belajar tidak terbatas oleh empat dinding kelas,selain itu kebenarannya lebih akurat,sebab anak dapat mengalami secara langsung dan dapat mengoptimalkan potensi panca inderanya untuk berkomunikasi dengan lingkungan tersebut. Selain itu media lingkungan sebagai media juga dapat menarik perhatian siswa untuk bertanya lebih dalam tentang materi yang dipelajari.

Baca juga:   Media Lingkungan Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi

Untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPS kelas 4 pada materi ”Pemanfaatan Sumber Daya Alam” di SD Negeri Boja 02, maka guru memanfaatkan lingkungan sebagai media sekaligus sumber belajar. Sumber daya alam adalah semua yang ada di alam yang bisa dimanfaatkan manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam merupakan istilah yang berhubungan dengan materi-materi dan penting yang terdapat di planet bumi yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Materi alam tersebut dapat berupa benda hidup(unsur-umsur hayati),yaitu hewan dan tumbuhan. Terdapat benda mati (non hayati),seperti tanah, udara, air, bahan galian atau barang tambang. Selain itu terdapat pula kekuatan-kekuatan alam menghasilkan tenaga atau energi.Misalnya,panas bumi,energi matahari,dan tenaga angin,udara,air,bahan galian atau barang tambang(Wahyono,2008)

Dalam hal ini kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran yaitu siswa mengamati berbagai sumber daya alam yang ada di sekitar lingkungan sekolah, kemudian apa saja yang bisa di manfaatkan untuk kebutuhan hidup. Karena di sekitar sekolah banyak tanaman apotik hidup, seperti jahe, kunyit, temulawak, kapulaga, sereh, kemudian guru menjelaskan apa manfaat dari apotik hidup tersebut yaitu selain bisa d konsumsi sendiri sebagai jamu, juga bisa dijual. Selanjutnya yaitu siswa di bimbing oleh guru membuat jamu tradisional.

Baca juga:   Tingkatkan Hasil Belajar Babibuh dengan Media Lingkungan

Dari rangkaian kegiatan tersebut anak-anak akan lebih berkesan dan lebih memahami bagaimana cara memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar. (pai1/zal)

GURU SDN Boja 02, Kabupaten Batang

Populer

Lainnya