Penggunaan Google Form dalam Pembelajaran di Masa Pandemi

Oleh: Yuni Fitri Astuti, S.Pd.SD

spot_img

RADARSEMARANG.ID,Pembelajaran di masa pendemi menuntut guru untuk melakukan berbagai macam inovasi, menyesuaikan kebutuhan pembelajaran dengan sistem jarak jauh baik secara daring maupun luring. Begitu juga dengan penilaian atau evaluasi yang dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dan ketercapaian materi pembelajaran. Salah satu alternatif penilaian yang bisa diterapkan adalah dengan google form.

Google form merupakan salah satu layanan dari Google yang memungkinkan kita untuk membuat survei, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dicustomisasi sesuai kebutuhan. Jadi kita bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei.

Dalam evaluasi pembelajaran pada pandemi di SD Negeri Pasekaran 1 Batang menggunakan Google Form karena memudahkan untuk membuat sekaligus mengoleksi atau mengumpulkan sebuah data. Google Form mengumpulkan data dengan baik dan tentunya real time. Sehingga guru tidak perlu memberikan pertanyaan satu per satu pada siswa yang notabene belajar dari rumah. Selain itu siswa juga tidak mencetak pertanyaan di kertas.

Kini, teknologi telah memudahkan semuanya. Kita hanya membagikan sebuah link dari Google Form yang telah dibuat, kemudian biarkan siswa mengisi kuisioner secara online. Dan yang tidak kalah penting, data kuisioner yang kita ajukan akan terjamin keamanannya karena Google Form akan menyimpan data dalam google drive secara otomatis. Data tersebut bisa dipastikan tidak akan hilang dan rusak.

Baca juga:   Belajar Daring berselimut kabut

Dalam evaluasi pembelajaran sering menggunakann tipe kuisioner. Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut : buka Google Docs dan pilih template (pertama, buka google docs dan pilih “form”. Di sana akan tersedia beberapa opsi template. Pilihlah template yang sesuai dengan yang seleramu. Jika tidak ada yang cocok, pilih template blank berlatar belakang putih, yang di dalamnya ada gambar “+” ). Mengisi judul dan deskripsi form (kalau sudah pilih template blank, lanjutkan dengan mengisi kuisioner yang kita inginkan. Kita akan melihat kotak dialog “Untitled Form” memiliki ukuruan huruf cukup besar. Klik kolom tersebut dan ketikkan judul dari kuisioner yang diinginkan. Setelah mengisi judul, akan ada deskripsi di kolom “ form description.” Di kolom tersebut, paparkan secara deskriptif tentang kuesioner kita. Deskripsi perlu dibuat dengan rinci dan jelas. Dengan demikian, orang akan lebih mudah mengerti dan sepaham dengan maksud kita).
Membuat pertanyaan (setelah judul dan deskripsi, lanjut ke tahap memasukkan daftar pertanyaan untuk kuisioner. Di mana? Jadi di bawah kolom “form description’’ ada kolom “question. Lalu tulis pertanyaan yang ingin kita ajukan. Kita juga dibebaskan untuk memilih jenis pertanyaan misalnya multiple choice atau short answer. Multiple choice untuk pertanyaan dengan jawaban “mungkin, tidak, atau ya”. Short answer untuk jawaban yang berupa deskripsi pendek. Ada pula jenis jawaban “paragraph”. Hal ini berbeda dengan short answer. Paragraf membuat pengguna bisa mengisi jawaban dengan lebih panjang).

Baca juga:   Belajar Daring Matematika lewat Media Video dan Power Point

Kirim kuisioner (kalau kita sudah mengisi semua pertanyaan yang kita ingin ajukan, step terakhir ialah mengirimnya ke orang yang kita inginkan. Bisa melalui email atau menyalin link. Caranya, klik “send”.)

Kelebihan google form antara lain menghemat pengeluaran. Tidak perlu lagi mencetak survei menggunakan kertas. Menghemat waktu dan tenaga. Google Form dapat dibagikan menggunakan email atau link kepada orang lain. Data tersimpan secara aman. Setiap form yang dibuat dan setiap jawaban dari responden akan disimpan di Google Drive milik Anda. Google Form sangat mudah untuk digunakan, termasuk dalam pembuatan maupun pemakaiannya. Anda dapat menikmati layanan Google Form secara gratis. Kelebihan Google Form yang dapat kita gunakan yaitu dapat dibagikan ke berbagai plaform. Memiliki fitur SpreadSheets. Anda dapat melihat tanggapan survei yang telah dikumpulkan pada formulir secara rapi dan otomatis. Juga dapat melihat info dari tanggapan waktu dan juga grafiknya dengan fitur Spreadsheets ini. Namun kekurangannya tidak bisa digunakan pada forum diskusi online. (pai2/lis)

Guru SD Negeri Pasekaran 1 Batang

Populer

Lainnya