E-Learning dengan Media Web Tingkatkan Hasil Belajar Siswa

Oleh : Suci Nurhayati S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KEBERHASILAN pembelajaran dalam penerapan kurikulum 2013 perlu ditunjang dengan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai media pembelajaran yang mudah dipahami siswa. Kemajuan TIK dalam penerapan kurikulum 2013 telah menciptakan pembelajaran berbasis internet atau online yang sering disebut dengan Electronic Learning (E-Learning).

Sanaky (2013:239) menjelaskan bahwa E-learning merupakan proses pembelajaran yang difasilitasi dan didukung melalui pemanfaatan teknologi informasi dan internet. Pengintegrasian TIK dalam kegiatan pembelajaran pada kurikulum 2013 ini berlaku untuk semua mata pelajaran. Salah satunya mata pelajaran ekonomi di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar lembaga keuangan dalam perekonomian Indonesia merupakan salah satu materi pembelajaran yang membahas konsep-konsep teori yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Oleh karena itu, guru harus mampu menyajikan materi yang dapat menarik perhatian siswa serta menghadirkan permasalahan-permasalahan atau perkembangan lembaga keuangan dalam perekonomian Indonesia baik dalam bentuk tabel, gambar, maupun video, dalam kegiatan pembelajaran sehingga materi akan lebih mudah dipahami oleh siswa.

Baca juga:   Mudah Belajar Akuntansi dengan 3M

Pengintegrasian TIK dalam kegiatan pembelajaran ekonomi di SMAN 3 Pemalang sampai saat ini masih terbatas pada penggunaan komputer dan LCD proyektor sebagai media presentasi guru dan siswa dengan media power point yang disampaikan dengan sistem pembelajaran konvensional.

Di masa pandemi ini penggunaan media power point dalam pembelajaran ekonomi ternyata belum memberikan dampak positif meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan ketika proses pembelajaran berlangsung terlihat semangat belajar dan minat siswa terhadap pembelajaran masih rendah seperti siswa yang masih lebih banyak pasif, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, dan siswa cepat bosan dengan pembelajaran di kelas. Karena media yang digunakan guru kurang menarik dan masih banyak siswa yang tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas.

Media yang selama ini digunakan guru perlu diperbaiki untuk mengatasi permasalahan di atas. Salah satu media yang sesuai untuk digunakan adalah media web SMAN 3 Pemalang yang disajikan dalam bentuk pembelajaran berbasis internet atau yang seirng disebut dengan e-learning. Media Web SMAN 3 Pemalang memungkinkan guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dengan siswa di luar kelas seperti mengadakan dan memantau jalannya diskusi melalui media Web SMAN 3 Pemalang dan siswa dapat berperan secara langsung di dalamnya.

Baca juga:   Belajar Analisis Debet Kredit Menyenangkan dengan Kartu Berjalan (KB)

Kelebihan media web SMAN 3 Pemalang adalah didukung oleh berbagai bentuk media seperti video, audio, dan gambar yang dapat menarik perhatian siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Web SMAN 3 Pemalang juga memiliki fitur yang sangat lengkap dengan berbagai alat pembelajaran sama seperti di kelas seperti absensi, tes dan kuis, dan kotak untuk mengumpulkan tugas atau pekerjaan rumah. Web SMAN 3 Pemalang mengarahkan siswa mengaplikasikan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Hasil wawancara dengan guru ekonomi kelas X IPS menunjukkan bahwa pada awal pelaksanaan pembelajaran melalui media Web SMAN 3 Pemalang motivasi belajar siswa pada kriteria sedang dan berikutnya meningkat menjadi tinggi. (fb2/ida)

Guru Ekonomi SMAN 3 Pemalang

Populer

Lainnya