Terapkan Daring Method dan Home Visit Method selama Pandemi

Oleh : Toto Hari Wardoyo S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN dari generasi ke generasi jangan sampai terputus. Kendati masa pandemi Covid-19 ini mengubah cara pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Karena itu, perlu penerapan beberapa metode di SD Negeri 04 Gombong, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Metode tersebut di antaranya, 1) Daring Method adalah metode untuk menyiasati ketidakkondusifan situasi pandemi. Dilansir Kumparan, Kemendikbud mengungkapkan bahwa metode daring ini bisa mengatasi permasalahan yang terjadi selama pandemi berlangsung. Metode ini rupanya bisa membuat para siswa untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah dengan baik. Seperti halnya mengerjakan seluruh kegiatan belajar melalui sistem online bisa lewat media social, 2) Home Visit Method merupakan salah satu opsi pada metode pembelajaran saat pandemi ini. Metode ini mirip seperti kegiatan belajar mengajar yang disampaikan saat home schooling. Jadi, pengajar mengadakan home visit di rumah pelajar dalam waktu tertentu.

Metode ini disarankan oleh Kepala Bidang Kemitraan Fullday Daarul Quran Dr Mahfud Fauzi M.Pd, karena sangat sesuai untuk pelajar yang kurang memiliki kesempatan untuk mendapatkan seperangkat teknologi yang mewadahi. Dengan demikian, materi yang akan diberikan kepada siswa bisa tersampaikan dengan baik.

Baca juga:   Pemaknaan Perilaku Tercermin dalam PKKS

Daring (dalam jaringan), salah satu media yang dapat dimanfaatkan adalah media sosial. Saat ini whatsapp pilihan terbaik yang bisa dimanfaatkan oleh orang tua dan wali murid. Namun agar pemanfaatan media sosial efektif, mutlak diperlukan kerjasama dengan orang tua dalam implementasinya. Inilah saatnya peran orang tua terlibat aktif dalam proses pembelajaran di rumah. Teknis pemanfaatannya di lapangan bisa dengan membentuk grup di media sosial yang beranggotakan orang tua siswa dan guru. Tidak ada salahnya bagi orang tua siswa untuk kembali belajar ulang demi buah hati tercinta. Sesuai edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020, proses belajar dari rumah (BDR) dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan.

Home visit atau kunjungan ke rumah siswa dilakukan guru untuk melakukan proses pembelajaran dengan membentuk kelompok belajar dengan jumlah siswa tidak terlalu banyak maksimal 7 anak. Teknis pertemuan dengan bergiliran antarkelompok selama satu minggu dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Metode ini sangat sesuai dengan keadaan perekonomian masyarakat Desa Gombong Kecamatan Belik. Kunjungan ke rumah siswa lebih memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran siswa dalam mencapai tujuan afektif, kognitif, maupun psikomotor peserta didik. Karena semua kegiatan pembelajaran bisa dipantau langsung oleh orang tua dan guru, sehingga kelemahan–kelemahan siswa dalam belajar pada masa pandemi ini lebih mudah terbaca dan dapat dicari solusi secepatnya.
Demikian metode yang dinilai sesuai dengan keadaan siswa SD Negeri 04 Gombong dan orang tua. Guru diharapkan masih bisa memberikan pelayanan pendidikan selama masa pandemi Covid-19 dan tetap bisa mengawasi semua kegiatan siswa serta memberikan bimbingan–bimbingan khususnya dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 khususnya di kalangan warga SD Negeri 04 Gombong ini, semoga ke depan harapan sebagai orang tua bisa tercapai. (pai1/ida)

Baca juga:   Cerita Rakyat Memanfaatkan Voice Note sebagai Alternatif PJJ Bahasa Jawa

Guru SDN 04 Gombong, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang

Populer

Lainnya