Game Pass The Marker Tingkatkan Kekayaan Kosakata Siswa

Oleh : Titik Setyowati, S.Pd M.Kom

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Minat siswa-siswi SMPN 6 Semarang dalam bahasa Inggris sangat bagus. Sayang sekali mereka sangat kesulitan dalam memahami materi dikarenakan banyak siswa yang miskin dengan kosakata, dikarenakan ada beberapa siswa ketika SD tidak mendapatkan pelajaran bahasa Inggris.

Ada juga dikarenakan pembiasaan belajar menghapal kosakata yang kurang menarik dan juga ketika mereka di kelas VII trik menghapal kosakata kurang ditekankan, sehingga kosakata yang mereka miliki hanya sebatas itu-itu saja.

Mereka bertanya dan ingin menguasai bahasa Inggris dengan benar, bagaimana trik agar dapat menghapal kosakata dengan cepat. Hal ini sering terjadi pada saat mulai materi recount text yang dimulai dengan materi greeting card sering mereka sudah pernah mendengar beberapa kosakata tertentu, yang dilanjutkan dengan materi Simple Present Tense, Present Continuous Tense, Simple Past Tense. Pada awal mula mereka belum merasa kesulitan tapi ketika sudah menginjak materi recount text, siswa – siswi sudah mulai nampak kesulitan dikarenakan banyak kosakata yang belum mereka kuasai.

Untuk itu, sebelum materi recount text diberikan kepada para siswa, ada baiknya siswa diajak bermain game pass the marker, permainan ini dapat digunkan untuk memperkaya kosakata siswa, meningkatkan kreatifitas dan partisipasi, melatih konsentrasi dan kerja sama. Serta melatih kemampuan menyimak dan pronounciation dengan benar.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Proverb dengan Model Pasangan Makna

Guru menyiapkan 4 set undian kata yang masing – masing terdiri dari 5 kata. Kata-kata tersebut adalah kata terkait materi yang sudah dipelajari siswa sebelumnya.
Cara bermainnya, kelas dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok berbaris memanjang menghadap papan tulis, dengan siswa posisi paling belakang memegang spidol. Guru duduk di kursi belakang kelas, siap dengan 4 set kata yang akan dimainkan.

Siswa paling belakang melihat kata yang ditunjukan guru, kemudian ia membisikkan kata itu pada teman di depannya. Tidak lupa dia memberikan spidol yang dia pegang.

Siswa berikutnya lanjut membisikkan kata dan memberikan spidol pada teman yang didepannya, begitu terus sehingga spidol sampai pada siswa paling depan.

Setelah mendengar kata yang dibisikkan, siswa paling depan bertugas menuliskannya di depan papan tulis. Permainan berlanjut sampai waktu permainan berakhir.

Pemenang adalah kelompok yang paling banyak menulis kata dengan benar.

Kemudian guru dan siswa membawa kata – kata tersebut dan melafalkan dengan benar sesuai pronounciation yang baik serta memahami maknanya (artinya). Dengan permainan pass the marker ini diharapkan para siswa akan lebih mudah untuk belajar dalam memahami arti ucapan dan menjadi lebih aktif berpartisipasi, semangat sehingga konsentrasi belajar mereka lebih fokus. Dengan demikian akan banyak kosakata yang akan segera mereka hafal dengan tanpa sengaja tersimpan dalam memori dikarenakan langsung diperagakan dengan penuh semangat dan konsentrasi serta kerja sama dengan tim.

Baca juga:   Menumbuhkan Minat dan Semangat Belajar Bahasa Inggris

Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi daya ingat yang sangat kuat pada alam pikiran mereka dan pada akhirnya para siswa bahkan tidak harus dipandu oleh guru mereka akan mempelajari atau mempraktikannya sendiri secara bergantian dengan teman-teman mereka dengan gembira. Dengan demikian semakin bertambah kosakata mereka dan mampu menguasai kosakata dengan cepat mudah dan tepat. (pai2/lis)

Guru Bahasa Inggris SMPN 6 Semarang

Populer

Lainnya