Belajar IPA Lebih Asyik dengan Crossword Puzzle

Oleh : M Wahid Bakhtiar S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DI zaman sekarang ini yang cepat berubah dan penuh dengan informasi menuntut pendidik untuk mengajar lebih kreatif dan inovatif agar tidak membosankan. Kecenderungan pembelajaran masih berpusat pada guru dengan bercerita atau berceramah. Hal ini berimbas pada kondisi peserta didik yang kurang terlihat aktif dan senang dalam proses pembelajaran, peserta didik terlihat bosan. Akibatnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi rendah, peserta didik kurang semangat belajar, minat membaca yang kurang, kesulitan dalam menyerap materi pelajaran, dan program tuntas yang diharapkan oleh pendidik masih belum tercapai.

Dari permasalahan di atas, penulis ingin peserta didik nantinya bisa belajar yang menyenangkan dan asyik, memiliki kreatifitas IPA, keterampilan berpikir kreatif, memecahkan masalah yang dihadapinya. Menurut penulis salah satu model dan game edukasi yang digunakan dalam pembelajaran IPA kelas 9 materi kelangsungan hidup makhluk hidup di SMP Negeri 4 Bojong Kabupaten Pekalongan agar peserta didik aktif dengan belajar asyik, menyenangkan dan tidak membosankan adalah dengan Crossword Puzzle.

Crossword Puzzle atau teka-teki silang merupakan suatu permainan dengan template yang berbentuk segi empat yang terdiri dari kotak-kotak berwarna hitam putih, serta dilengkapi 2 lajur, yaitu mendatar (kumpulan kotak yang berbentuk satu baris dan beberapa kolom) dan menurun (kumpulan kotak satu kolom dan beberapa baris. Teka-teki silang dapat digunakan sebagai pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung, bahkan pembelajaran dengan ini dapat melibatkan partisipasi peserta didik secara aktif sejak awal (Zaini, 2008:71).
Crossword Puzzle melibatkan partisipasi peserta didik aktif sejak kegiatan pembelajaran dimulai. Peserta didik diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. Dengan ini, peserta didik akan merasakan suasana yang menyenangkan sehingga didapatkan hasil belajar yang maksimal. Selain itu Crossword Puzzle merupakan strategi pembelajaran untuk meninjau ulang (review) materi-materi yang sudah disampaikan. Peninjauan ini berguna untuk memudahkan peserta didik dalam mengingat kembali materi apa yang telah disampaikan, sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan pembelajaran baik aspek kognitif maupun psikomotorik.

Baca juga:   Make a Match Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Crossword Puzzle yaitu mencurahkan gagasan beberapa istilah atau nama-nama kunci yang berkaitan dengan materi pelajaran yang telah diselesaikan, menyusun teka-teki silang sederhana yang mencakup item-item sebanyak yang didapat, membagikan teka-teki kepada peserta didik dengan berkelompok atau individu, memasukkan kata yang bersesuaian dengan panjang kotak yang tersedia secara berkesinambungan sampai seluruh kotak terisi penuh, aturan pengisian kata-kata tersebut berhubungan dengan penyamaan jumlah karakter pada pengisian kata-kata ke dalam kotak teka-teki, mengisi teka-teki tersebut secara mendatar ataupun menurun, menentukan batasan waktunya, memberi hadiah kepada peserta didik yang mengerjakan paling cepat dan benar.

Beberapa manfaat Crossword Puzzle di dalam proses pembelajaran diantaranya dapat mengasah daya ingat, belajar klasifikasi, mengembangkan kemampuan analisa, menghibur, dan merangsang kreativitas (M Ghannoe, 2010:10). Crossword Puzzle sebagai media pembelajaran yang dapat mendorong terciptanya proses belajar yang menyenangkan, mengasyikan, tidak membosankan serta solusi alternatif untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang dipelajarinya. (bp2/ida)

Baca juga:   Purble Pairs, Tingkatkan Semangat Belajar Gaya Dan Gerak

Guru IPA SMPN 4 Bojong, Kabupaten Pekalongan

Populer

Lainnya