Belajar Berbahasa Inggris Menyenangkan dengan Learning From Videos

Oleh : Ambar Puspitaningrum S.Pd

spot_img

RADARSEMARANG.ID, BAHASA Inggris menjadi salah satu bahasa yang harus dikuasai, minimal mengetahui kata–kata atau kalimat yang lazim diucapkan dalam percakapan. Kendati begitu, sebaiknya harus menguasai secara lisan maupun tertulis. Untuk mensikapi pentingnya hal tersebut, bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang sangat penting.

Belajar bahasa Inggris sebenarnya mudah, apabila bersungguh-sungguh mau belajar. Namun banyak sekali peserta didik yang kesulitan memahami pelajaran bahasa Inggris tersebut. Apalagi dengan minat belajar yang tidak bersungguh-sungguh, tentu proses pembelajaran menjadi tidak menyenangkan. Terutama kondisi saat ini, proses pembelajaran dilaksanakan secara daring lebih tidak efektif.
Berbagai macam kendala muncul dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Namun hal tersebut tidak menjadikan para guru bahasa Inggris menjadi patah semangat. Bahkan kendala tersebut merupakan tantangan bagi guru untuk senantiasa mengembangkan kreativitas sebagai guru untuk berinovasi dan dapat menyajikan pembelajaran bahasa Inggris yang senantiasa menyenangkan bagi peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Tujuan pembelajaran pada dasarnya merupakan harapan dari siswa sebagai hasil belajar, Robert F Meager (Sumiati dan Asra, 2009:10). Oleh karena itu tujuan pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting.

Baca juga:   Membangun Generasi Muda Sadar Lingkungan

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, pembelajaran didapatkan tidak hanya melalui buku-buku saja. Apalagi saat pembelajaran dilakukan secara daring atau online, sebagaimana pembelajaran bahasa Inggris di SMPN 7 Pemalang. Khususnya pada kelas VIII materi Greeting Card (kartu ucapan) dengan menggunakan metode learning from videos yaitu suatu metode pembelajaran dengan menggunakan media visual.

Menurut Rossi dan Breidle dalam bukunya Sanjaya (2010:204) mengatakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat digunakan untuk tujuan pendidikan seperti radio, televisi, buku, koran, majalah dan sebagainya.

Pembelajaran dengan metode learning from videos adalah metode pembelajaran dalam bahasa Inggris yang menggunakan media video visual. Peserta didik dengan dipandu oleh guru menyaksikan streaming video-video pembelajaran yang dikirimkan melalui aplikasi pembelajaran daring seperti halnya google classroom maupun media whatsapp. Peserta didik pun dapat mengembangkan dengan mencari video-video pembelajaran yang sesuai materi yang sedang dibahas melalui youtube. Setelah menyaksikan pembelajaran greeting card melalui video, peserta didik diminta mempraktikkan menyusun penulisan kartu ucapan sekaligus untuk mengucapkannya dalam bentuk presentasi dan kemudian untuk memvideokan kegiatan tersebut sebagai tugas mandiri.

Baca juga:   Pembelajaran Congratulation Cards dengan Teknik Modelling

Demikianlah salah satu metode yang kami pilih dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMPN 7 Pemalang khususnya kelas VIII dalam materi Greeting Card.

Kelebihan dari penggunaan metode learning from videos dalam pembelajaran bahasa Inggris ini mampu menjelaskan konsep-konsep materi yang bersifat abstrak sehingga peserta didik lebih mudah memahami dengan mendengar dan melihat melalui tayangan video tersebut. Selain itu, peserta didik tanpa disadari, asyik menonton tayangan video. Bahkan, tanpa disadari, mereka belajar banyak hal tentang materi greeting card dengan menyenangkan dan penuh semangat serta humanis. (btj2.1/ida)

Guru Bahasa Inggris SMPN 7 Kabupaten Pemalang

Populer

Lainnya