Tertibkan Penilaian PJJ Materi Geguritan dengan Schoology

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SEBAGIAN besar sekolah di Indonesia, saat ini melakukan pembelajaran melalui jaringan (daring). Berbagai aplikasi dan moda pembelajaran daring digunakan. Dan setelah memberikan materi pembelajaran, bapak atau ibu guru pasti melakukan penilaian. Agar lebih tertib pelaksanaan penilaian tadi, maka ada aplikasi yang tepat yaitu Schoology.

Schoology menurut Mahmun Zulkifli dalam Tutorial Menggunakan Schoology yang dipublikasikan PPPPTK Matematika di Artikel Teknologi pada 30 Maret 2020 adalah merupakan salah satu platform inovatif yang dibangun dan dikembangkan berdasarkan inspirasi dari media sosial facebook dengan tujuan untuk kepentingan pendidikan. Platform ini dikembangkan pada tahun 2009 di New York. Schoology membantu guru dalam membuka kesempatan komunikasi yang luas kepada siswa agar siswa dapat lebih mudah untuk mengambil peran/bagian dalam diskusi dan kerja sama dalam tim. Saat penilaian pembelajaran dengan berbagai jenis tekniknya dapat menggunakan aplikasi schoology.

Schoology dapat dijadikan alternatif saat melakukan penilaian. Aplikasi ini (schoology.com:2015) merupakan Learning Management System (LMS) yang lengkap memberitahu progress siswa, tambahan poin, dan rubrik spesifik dalam penilaian. Aplikasi ini sudah menyediakan berbagai bentuk evaluasi belajar dalam fitur kelasnya. Ada berbagai macam bentuk kuis seperti pilihan ganda dan esai. Untuk soal pilihan ganda cenderung lebih kompleks karena harus mendesain pilihan jawaban. Sedangkan mendesain kuis esai dimana siswa diberi waktu untuk mendefinisikann itu memakan waktu sedikit. Namun schoology sangat teliti saat teknik yang digunakan tes tulis pilihan ganda.

Baca juga:   Kearifan Lokal Wujudkan Pembudayaan Bahasa Jawa

Saat menyiapkan soal dengan aplikasi schoology, soal bisa dibatasi waktu pengerjaannya sesuai dengan bobot soal. Saat mulai pengerjaan dan batas waktu maksimal pengerjaan juga dapat diatur sebelum waktu penilaian. Demikian juga saat siswa ada masalah saat mengerjakan, Guru dapat mengatur berapa kali siswa dapat mengerjakan soal yang sama. Dan saat soal sudah diluncurkan, kita dapat memantau kegiatan penilaian yang sedang berlangsung. Siswa yang sebelumnya telah mendaftarkan akunnya dalam gabungan kelas akan terlihat satu persatu waktumya berjalan. Demikian juga saat siswa telah selesai mengerjakan soal secara otomatis terlihat poin yang didapat siswa. Disini anda dapat melihat jawaban siswa dengan cepat dan mengisi kolom rubrik dengan mudah sehingga siswa akan mendapat skor final yang akurat dan jelas.

Secara keseluruhan, aplikasi schoology untuk penilaian dan evaluasi sangat membuat siswa di sekolah saya SMA Negeri 1 Cepu menjadi tertib. Jika ada siswa yang sampai lewat lima belas (15) menit misalnya belum mulai mengerjakan soal, karena semua tampak di layar aplikasi, maka dengan cepat guru dapat menghubungi siswa tersebut. Sehingga resiko siswa tidak ikut penilaian dapat segera teratasi. Sedangkan untuk pengolahan lebih lanjut dari hasil penilaian juga sudah disediakan aplikasi ini. Nilai tertinggi, nilai terendah, dan nilai rata-rata pun bisa ditampilkan schoology.

Baca juga:   Deotif Mudahkan Pesdik Nembang Macapat

Saya yakin sistem online schoology sudah cukup baik membantu pendidik dalam menilai siswa secara komprehensif. Ketertiban siswa dalam mengerjakan pembelajaran secara daring juga dapat tercapai. Saya berharap suatu saat nanti schoology dapat menjadi sistem manajemen pembelajaran yang memfasilitasi dan mendorong guru dan siswa berkolaborasi mengerjakan tugas dan melakukan penilaian secara online. Ini saatnya lewat penilaian kreatif, kita dapat belajar, berkreasi, dan berekspresi lewat tugas-tugas siswa-siswi yang kreatif. (fbs2/zal)

Guru Bahasa Jawa SMAN 1 Cepu

Populer

Lainnya