Mengenal Negara – Negara Asean dengan Bermain Tebak Kata

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang bisa mengelaborasikan peserta didik yang mempunyai karakter mampu menunjukkan kedewasaan, intelektual, sosial dan moral sesuai dengan kemampuan martabatnya sebagai manusia. Seorang guru harus mampu membina dan mengembangkan potensi manusia sesuai dengan kemampuan, tingkat perkembangan individu, serta meningkatkan kualitas manusia. Salah satunya dalam menyampaikan materi Mengenal Negara – Negara Asean di SMP Negeri 19 Semarang.

Asean adalah merupakan organisasi yang beranggotakan negara- negara di Asean Tenggara. Asean berdiri pada 8 Agustus 1967 yang beranggotakan 10 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina,Singapura,Thailand, Brunai Darrusalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja. Setiap negara dapat dibedakan berdasarkan karakteristik masing-masing negara anggota Asean.

Situasi pembelajaran karena jadwal pelajaran di jam terakhir, sehingga menjadikan suasana kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak kondusif, karena peserta didik hanya melihat, mendengarkan, dan menyimak, tetapi tidak dapat merespon dan menyerap materi dengan baik. Untuk menghidupkan suasana kelas menjadi hidup, solusi yang penulis pakai dalam KBM di kelas VIII E dan VIII F SMP Negeri 19 Semarang dengan bermain tebak kata.

Baca juga:   Lebih Menarik Belajar Lembaga Jasa Keuangan dengan Word Square

Tebak kata adalah salah satu model pembelajaran yang menggunakan media kartu teka- teki yang berpasangan dengan kartu jawaban teka teki. Permainan tebak kata dilaksanakan dengan cara siswa menebak kata yang dimaksud oleh kartu soal teka– teki dengan kartu jawaban yang tepat.
Adapun langkah-langkah pembelajaran tebak kata: pertama, tahap awal guru menjelaskan materi dan kopetensi yang akan dicapai , kemudian siswa dibagi berpasangan berdiri di depan kelas.

Kedua, siswa diberi kartu yang berukuran 10×10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya, dan yang lain diberi kartu yang berukuran 5×2 cm yang isinya tidak boleh dibacakan. Ketiga, sementara siswa membawa kartu 10×10 cm membacakan kata-kata yang tertulis di dalamnya, sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10×10 cm. Keempat, jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga. Kelima, apabila jawabannya tepat , maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawaban dan seterusnya.

Baca juga:   Jelajah ASEAN dengan STAD

Setelah waktu bermain selesai, guru melakukan evaluasi untuk menguji hasil yang didapat siswa. Evaluasi dapat dilakukan dengan memberikan pertanyaan lisan atau tertulis. Cara ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa dalam penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran. Ternyata ketika media ini dipraktikkan di SMP Negeri 19 Semarang bagi siswa kelas VIII E dan F dalam materi Mengenal Negara-negara Asean , hasil implementasi media pembelajaran permainan tebak kata menjadikan keaktifan, semangat belajar, dan motivasi belajarnya meningkat. (ips2.2/aro)

Guru IPS SMP Negeri 19 Semarang

Populer

Lainnya