Sukses Mengajar Peserta Didik dengan Bendicam

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PERILAKU di SMP Negeri 9 Semarang selama masa pandemi Covid-19 ini mengalami perubahan. Perubahan juga terjadi dalam proses belajar mengajar. Kalau selama ini guru dan peserta didik bertatap muka langsung, tetapi pada saat pandemi Covid-19 ini, dilakukan secara virtual atau daring menggunakan berbagai aplikasi meeting online atau aplikasi perpesanan, dikarenakan guru dan murid tidak bisa bertatap muka langsung dengan adanya pembatasan sosial yang terjadi di Kota Semarang. Guru mau atau tidak mau harus meningkatkan kemampuan untuk bisa melakukan berbagai hal seperti membuat media pembelajaran secara online menggunakan blog, membuat soal online, membuat absensi secara online, video pembelajaran, dan lain sebagainya.

Peningkatan ilmu tersebut dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengikuti pelatihan secara online atau offline baik yang gratisan maupun berbayar, mencari di Youtube, blog atau lainnya. Kali ini, penulis akan lebih lanjut membahas aplikasi daring atau video pembelajaran online dengan aplikasi bandicam. Aplikasi ini sudah lama sekali ada, dan sudah menjadi salah satu aplikasi yang paling cocok digunakan untuk merekam layar komputer maupun laptop. Bandicam memang ditujukan untuk memenuhi keperluan tersebut. Bisa melakukan recording dari aplikasi dan hal-hal lainnya yang jalankan di Windows. Aplikasi ini cocok sekali untuk merekam, presentasi, video pembelajaran, gaming, dan lain lagi. Penulis juga sering memakai aplikasi ini saat membuat video tutorial. Hasilnya bagus. Karena resolusinya juga tinggi, jadi video yang dihasilkan sangat jelas, bahkan setelah saya upload.

Baca juga:   Matematika Membuat Alam Menjadi Indah

Nah, untuk pembelajaran online ini di SMP 9 Semarang, penulis menggunakan bandicam untuk menyampaikan materi pembelajaran khususnya mata pelajaran Matematika. Aplikasinya mudah dimengerti. Bagi guru aplikasi ini sangat membantu untuk pembelajaran virtual atau daring di masa pandemi Covid-19 ini. Guru merekam materi lewat bandicam dan menjelaskan seperti biasa, bandicam merekam semua kegiatan guru. Hasil rekaman yang berupa materi pembelajaran disimpan dan dikirimkan ke peserta didik. Kemudian peserta didik cukup men-download video yang di-share oleh guru tersebut.

Kelebihan dari aplikasi bandicam ini adalah aplikasinya mudah dipahami oleh guru, video bisa di-share dimana saja seperti Youtube, aplikasi perpesanan, whatsApp, telegram, line, dsb. Untuk peserta didik sendiripun cukup men-download video yang di-shared oleh guru yang bersangkutan dan bisa dipelajari setelah di-download. Terakhir tidak menghabiskan kuota, jika sewaktu-waktu ingin mempelajari materi pelajaran yang dirasa kurang dimengerti, tinggal dibuka video bandicam tersebut yang sudah di-share oleh guru.

Walaupun penulis sudah menyampaikan kelebihan aplikasi bendicam, tetap memiliki kekurangan. Misalnya adanya batasan waktu yang sangat sempit ketika akan merekam kegiatan. Guru perlu menggabungkan dua atau lebih kegiatan perekaman video sesuai kebutuhan. Dari yang penulis sampaikan tersebut, kiranya para pembaca akan dapat menggunakan bandicam dengan lebih bijaksana sesuai dengan kebutuhan. (ips1/ida)

Baca juga:   Implementasi Pendidikan Multikultural dalam PAI

Guru Matematika SMP 9 Semarang

Populer

Lainnya