Pembelajaran Teks Descriptive Asyik dengan Permainan Empat Station

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional adalah sesuatu yang penting dan menjanjikan di masa depan. Guru berupaya mengajarkan semua keterampilan dalam bahasa Inggris supaya adanya keseimbangan antara keterampilan membaca, berbicara, mendengarkan, dan menulis. Dengan cara pembelajaran yang menyenangkan, demokratis, memancing kreativitas, dan mendorong berpikir kritis. Oleh karena itu, guru perlu merancang pembelajaran berbicara dengan baik, sehingga mampu menumbuhkan kebiasaan berbicara sebagai sesuatu yang menyenangkan pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Demak.

Suasana belajar ini bisa diciptakan melalui kegiatan permainan. Adapun permainan ini diawali dengan kelas dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri atas 3-4 siswa. Permainan ini mencakup empat station. Tiap kelompok akan menempati tiap station dengan waktu 15 menit secara berputar bergantian dengan kelompok lain. Tiap kelompok akan mendapatkan kertas HVS berwarna sebagai lembar jawab. Tiap jawaban per station akan ditulis sesuai station yang telah didatangi. Untuk itu tiap kelompok akan melaporkan hasil kerjanya di empat station tersebut. Adapun kegiatan yang akan dilakukan tiap kelompok yaitu:

Pada station 1 ini tiap kelompok akan mendapatkan beberapa gambar tentang orang / benda/ tempat. Tiap kelompok diminta memilih mendeskripsikan salah satu gambar tersebut secara singkat dengan mengacu pada generic structure teks descriptive. Karangan singkat ini minimal 2 paragraf. Paragraf 1 menggambarkan secara identification, yaitu gambaran secara umum dan paragraf kedua tentang description, yaitu gambaran secara khusus tentang bagian atau ciri-ciri tentang benda yang dimaksud.

Baca juga:   Metode Picture and Picture Permudah Pembelajaran Daur Hidup

Pada station 2 ini tiap kelompok akan mendapatkan teks descriptive pendek. Tiap kelompok diminta untuk memahami teks tersebut, kemudian menjawab soal dan menganalisa teks dengan mencari social function, generic stucture dan language feature yang ada pada teks descriptive.

Pada station 3 ini, tiap kelompok diminta untuk mendiskripsikan sebuah kota impian. Kelompok ini membuat karangan descriptive tentang identifikasi lokasi dan nama kota impian tersebut yang tertera pada paragraf 1. kemudian pada paragraf kedua dan seterusnya, termasuk deskripsi pada bagian atau ciri-ciri tentang kota impian tersebut. Pada paragraf ini tiap siswa mempunyai tugas yang berbeda. Misalnya, siswa A mendapat tugas menulis tentang restoran idaman. Siswa B menulis tentang tempat wisata idaman. Siswa C menulis tentang pemimpin idaman. Siswa D menulis tentang suvenir atau oleh-oleh yang terkenal dari kota idaman tersebut. Kemudian tulisan siswa A sampai siswa D dijadikan satu. Penggabungan ini digambarkan dalam paragraf kedua yang merupakan ciri-ciri kota idaman.
Pada station 4 ini, station yang terakhir, tiap kelompok akan mendapatkan beberapa kata petunjuk atau phrase lepas. Tiap kelompok diminta untuk menebak benda/ orang / tempat yang di maksud berdasarkan kata yang ada. Misal kata petunjuknya : Hero, was born in Pare-pare, make a plane, has two sons, studied in Germany, president dan lain-lain. Berdasarkan petunjuk yang ada maka jawaban yang betul adalah BJ. Habibie. Maka pada lembar jawaban tadi akan tertulis pada station 4 jawabannya saja yaitu BJ. Habibie.

Baca juga:   Cara Bermain Bola Voli di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Setelah selesai pembelajaran, lembar jawab dikumpulkan. Setelah itu ada beberapa materi station yang bisa dibahas , misalkan station 2 dan station 4. Dengan permainan ini diharapkan siswa akan mendapat wawasan dan kosa kata yang lebih banyak. (ips1/aro)

Guru SMA Negeri 2 Demak

Populer

Lainnya