Langkah Mudah dan Murah Belajar Surat Lamaran Kerja dengan WA

spot_img

RADARSEMARANG.ID, TIDAK dipungkiri bahwa covid19 berpengaruh besar terhadap lini kehidupan manusia, mulai ekonomi hingga pendidikan. Proses pendidikan pada masa pandemi sangat menyulitkan,baik bagi guru, murid maupun orang tua. Guru tidak diperbolehkan untuk tatap muka, sehingga seluruh pembelajaraan menggunakan daring. Pembelajaran model daring menemui banyak kendala, koneksi, pulsa, dll. Disamping itu ada beberapa materi yang tidak maksimal diajarkan dengan sistem daring. salah satunya materi menulis lamaran kerja.

Sebagian besar siswa sekolah menengah atas kelas X, khususnya siswa MAN 4 Bantul, menganggap bahwa menulis surat lamaran kerja cukup sulit dan membingungkan. Hal ini disebabkan karena cakupan materinya cukup banyak , diantaranya penulisan kata dan kalimat, penulisan elar, memahami isi iklan lowongan kerja dll sehingga harus tatap muka langsung. Hal ini Seperti yang disampaikan oleh Marjo, bahwa Surat Lamaran Kerja menggunakan standar penulisan yang umum; dalam isinya surat harus terlebih dulu melihat langsung sasaran bagaimana sistematikanya (Marjo, 2005:104).

Sebagai guru kita tetap wajib mengajar dalam situasi apapun, oleh karena itu jangan kuatir ada satu cara mengajar Surat Lamaran Kerja dengan efektif ,murah dan familier pada masa pandemi ini,guru, peserta didik dan orang tua tidak usah bingung dengan kuota, ketidakpahaman tentang program IT dll, caranya dengan pembelajaran menggunakan WA. Adapun langkah pembelajarannya pertama guru membentuk satu grup kelas sesuai dengan jadwal yang sudah di atur, kemudian guru memberikan materi yang ditulis di wa secara singkat. Peserta didik diinformasikan juga untuk membaca materi dari buku referensi, seletah beberapa menit guru memberikan pertanyaan melalui WA yang berhubungan dengan kompetensi dasar, jawaban pertanyaan dikirim melalui WA pribadi guru. Grup WA ini juga bisa digunakan sekaligus untuk memantau keaktifan peserta didik dengan peserta didik.

Baca juga:   Rekreasi Merangsang Siswa untuk Produksi Cerita Sejarah Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Jadi, kunci utama belajar Surat Lamaran Kerja adalah memberikan rasa senang terlebih dahulu serta tidak merasa tertekan dalam belajar, jika rasa senang itu sudah ada maka pikiran akan termotivasi dan mudah untuk diajak menyelesaikan masalah tertentu. Dengan demikian peserta didik. menjadi lebih bersemangat untuk belajar lebih lanjut, dan meningkatkan hasil belajarnya. (dj2/zal)

Guru Bahasa Indonesia MAN 4 Bantul DIY

Populer

Lainnya