Online Games Atasi Kejenuhan Siswa Belajar Kosa Kata secara Daring

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KEJENUHAN merupakan salah satu masalah yang dihadapi siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa pandemi Covid-19. Selama belajar, siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan antusias. Materi tidak dipelajari maksimal, tugas ataupun tes tidak dikumpulkan tepat waktu.
Penulis selaku guru bahasa Inggris di SMPN 3 Semarang menggunakan online games sebagai salah satu alternatif mengatasi masalah tersebut. Online games cocok digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Online games merupakan permainan yang dimainkan dengan komputer atau gawai dengan menggunakan jaringan internet. Tujuan guru menggunakan online games dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah untuk menghibur siswa dalam mengatasi kejenuhannya, tetapi mereka tetap berkesempatan belajar untuk mengembangkan kosa kata bahasa Inggris. Jadi, online games dimanfaatkan guru untuk mengajak siswa belajar sambil bermain.
Online games memiliki berbagai manfaat bila digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Klimova (2015) memaparkan pengaruh positif games bagi siswa dalam mempelajari bahasa di antaranya, a) games memotivasi siswa, b) games memberi selingan dalam situasi pembelajaran formal, dan c) games menciptakan atmosfir rileks dan menyenangan.
Online games apa saja yang bisa dimanfaatkan guru dalam pembelajaran bahasa Inggris, salah satunya Crossword Puzzle (Teka Teki Silang/TTS). Permainan ini mendorong siswa untuk mengembangkan kosa kata bahasa Inggris. Online games ini bisa dirancang guru berdasarkan tema tertentu sesuai materi yang sedang dipelajari siswa. Misalnya, untuk pembelajaran teks deskripsi, guru bahasa Inggris kelas VII dapat memperkenalkan berbagai kosa kata terkait binatang yang dipelajari menggunakan Crossword Puzzle. Guru menyusun deskripsi singkat berbagai binatang dan siswa harus menebak nama-nama binatang tersebut dan melengkapi Crossword Puzzle-nya. Untuk mengantisipasi siswa mengalami kendala saat memahami deskripsi singkat binatang yang ditebak, guru dapat memberi keleluasaan siswa untuk menggunakan kamus. Dengan cara ini, siswa tidak saja berusaha memahami deskripsi tertentu, tetapi siswa dapat memperkaya penguasaan kosa katanya melalui penggunaan kamus. Siswa berkesempatan bermain untuk mengatasi kejenuhannya dan sekaligus belajar mengembangkan kosakatanya.
Online games (https://www.gamestolearnenglish.com/) lain yang bisa dimanfaatkan guru untuk memperkaya kosa kata siswa merupakan permainan menjodohkan gambar-gambar benda tertentu dengan nama benda yang tertulis pada layar yang dilafalkan secara otomatis. Untuk memainkan permainan ini, siswa harus mengklik gambar benda yang sesuai dengan nama benda yang tertulis dan dilafalkan. Kalau jawaban siswa benar, akan muncul skor untuk jawaban tersebut dan kemudian muncul tulisan nama benda lain yang dilafalkan otomatis untuk dijodohkan dengan gambar lain. Bila siswa memberi jawaban salah, siswa diberi kesempatan memberi jawaban lain yang benar. Permainan ini menyediakan berbagai tema kosakata yang bisa dipilih, misalnya, binatang, makanan, perabot rumah, dan lain-lain. Permainan ini cocok digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata. Siswa bisa menyimak gambar benda, mengamati ejaan nama benda tersebut sekaligus mempelajari pelafalan nama benda tersebut. Siswa dapat berlatih membaca dan menyimak nama-nama benda yang dipelajari. Mereka dapat menemukan perbedaan tulisan dan pelafalan nama-nama benda tertentu.
Online games membuat pembelajaran bahasa Inggris lebih menarik dan menyenangkan. Hal ini dapat menghindarkan siswa dari kejenuhan selama pembelajaran. Selain itu, online games juga bermanfaat untuk memperkaya kosa kata siswa, meningkatkan keterampilan membaca dan menyimak. (fbs2/ida)

Baca juga:   Jangan Nyerah Cuma karena Salah

Populer

Lainnya