Belajar Bahasa Inggris yang Asyik dengan Padlet

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Ada empat keterampilan yang siswa perlu kuasai saat belajar bahasa Inggris. Empat keterampilan tersebut adalah listening (menyimak), speaking (berbicara), reading (membaca), dan writing (menulis). Keempat keterampilan tersebut akan berkembang dengan baik jika selalu dilatih secara berkala.

Di saat pandemi ini guru tidak bisa memfasiltasi siswa untuk berinteraksi dalam kelas untuk melatih keempat keterampilan berbahasa namun guru bisa menggunakan teknologi agar siswa tetap berlatih walau dalam keterbatasan. Hudson dan Porter (2010) merekomendasikan penggunaan ICT dalam pembelajaran mampu mengefektifkan pembelajaran. Salah satu media yang digunakan guru dalam penggunaan TIK dalam pembelajaran adalah Padlet.

Padlet adalah situs internet yang memungkinkan para penggunanya untuk berkolaborasi teks, foto, tautan atau konten lainnya. Masing-masing ruang kolaboratif ini disebut “wall” (dinding) yang dapat digunakan sebagai papan buletin pribadi atau biasa disebut majalah dinding. Para guru dan siswa bisa menggunakan Padlet untuk mendorong percakapan dan tukar pendapat multimedia yang kreatif. Ada banyak fitur Padlet bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan listening, speaking, reading dan writing. Siswa bisa berinteraksi dengan guru seolah-olah mereka ada di kelas. Siswa bisa meng-upload tulisan, video yang menunjukkan kemampuan menulis dan berbicara. Siswa lain juga bisa membaca dan melihat hasil video atau tulisan teman mereka. Menurut Zatul Aini Abd Majid (2014), penggunaan Padlet mampu meningkatkan pengalaman pembelajaran pada siswa. Pengalaman belajar menggunakan Padlet akan mengasah dan melatih empat keterampilan berbahasa.

Baca juga:   Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Berbahasa Inggris

Adapun tahap pembelajaran menggunakan Padlet yang pertama adalah siswa men-download dan meng-install aplikasi padlet. Kemudian siswa mengeklik link Padlet guru. Pada Padlet para siswa bisa membaca materi dan menonton video, siswa diberi kesempatan bertanya dan merespon. Siswa lain juga bisa bertanya atau merespon hasil unggahan teman mereka. Fitur fitur di Padlet juga banyak sehingga siswa bisa mengeksplorasi dan mengembangkan ketampilannya. Fitur-fitur tersebut seperti mengunggah, link untuk menghubungkan, google untuk pencarian, snap untuk memotret, film untuk membuat video, voice untuk merekam suara, screen untuk merekam aktivitas layar, draw untuk menggambar, place untuk memberitahu alamat, dan Padlet untuk menghubungkan dengan Padlet lain. Dengan fitur-fitur tersebut siswa bisa menjelajahi dan menggali kemampuan berbahasa mereka. Guru bisa memonitor siswa dan siswa bisa belajar dari guru dan teman lain. Untuk kemampuan menyimak, guru sudah menyiapkan materi video atau audio sehingga siswa bisa mempelajarinya. Lembar kerja siswa untuk keterampilan menyimak yaitu berupa dialog rumpang, teks rumpang dan lagu. Untuk keterampilan berbicara, siswa bisa mengunggah video atau audio saat mempresentasikan tugas. Sedangkan untuk keterampilan membaca dan menulis, siswa membaca materi yang diunggah guru berupa bacaan dan menuliskan pendapat mereka tentang bacaan tersebut ke Padlet.

Baca juga:   IBL Sistem Imunitas dan Covid-19 via Daring

Dengan menggunakan Padlet, terbukti siswa dapat belajar empat keterampilan bahasa dengan menyenangkan. Padlet juga meningkatkan motivasi dan interaksi antar siswa dan guru pada proses pembelajaran jarak jauh. (dj2/ton)

Guru Bahasa Inggris MAN 3 Sleman

Populer

Lainnya