Belajar Kewirausahaan dengan Mengunjungi Pengusaha di Masa Pandemi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan adalah merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di pendidikan jenjang SMK. Sebagai seorang guru kita harus berkreasi untuk dapat meningkatkan kreatifitas dan kualitas perserta didik dalam kegiatan belajarnya. Dengan prinsip belajar yang menyenangkan akan membangkitkan siswa untuk lebih berminat dan mengembangkan kompetensi yang ia miliki.

Pada masa pandemi Covid-19 ini pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dengan melalui daring atau online. Dengan adanya teknologi dan informasi yang berkembang saat ini sangat mendukung untuk melaksakan kegiatan pembelajaran jauh melaluli sarana smartphone yang dimiliki hampir seluruh peserta didik.

Guru merupakan salah satu unsur utama yang tidak dapat digantikan oleh siapapun dalam proses pembelajaran, sehingga guru harus melakukan pembenahan dan perbaikan pada metode pembelajaran. Sesuai dengan perkembangan zaman pembelajaran dilakukan secara dua arah antara guru dan siswa, oleh karena itu peserta didik menjadi aktif dan menyelidik.

Pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK KD 3.1 adalah Memahami Sikap dan Perilaku Wirausaha. Di masa pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan secara daring atau online, guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara mandiri di rumah atau di lingkungannya masing-masing. Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didiknya dengan memberikan beberapa daftar pertanyaan tentang faktor-faktor penyebab kegagalan usaha dan cara mengatasinya, daftar pertanyaan diatas adalah sebagai pedoman peserta didik untuk melakukan wawancara kepada pengusaha yang ada di linkungannya masing-masing.

Baca juga:   Belajar Pola Bilangan dengan Media Kopi

Dengan tugas yang diberikan oleh guru tersebut peserta didik dapat belajar mandiri secara kreatif dan mengembangkan kompetensinya pada materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan KD 3.1 yaitu Memahami Sikap dan Perilaku Wirausaha yang dilakukan di rumah atau di lingkungannya masing-masing. Dengan berkunjung di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) secara langsung peserta didik dapat mengamati dan melakukan penelitian tentang kondisi usaha beserta hal-hal yang dilakukan pengusaha untuk mencapai keberhasilan.

Peserta didik dapat mewawancarai pengusaha dan menggali informasi secara mendalam tentang keluh kesah, suka-duka dan seluk-beluk dan hasil jerih payah seorang pengusaha dalam mengelola usaha yang digelutinya sejak berdiri hingga usahanya berkembang bahkan menjadi besar seperti saat ini. Peserta didik dapat belajar tentang kegagalan, halangan dan rintangan yang ada pada suatau usaha serta solusi dan tindakan yang harus dilakukan oleh pengusaha untuk mengatasi kegagalan, halangan dan rintangan tersebut.

Dari kunjungan dan hasil wawancara pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) tersebut akan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk menjadi seorang wirausaha. Peserta didik dapat membuat suatu kesimpulan tentang sikap positif dan sikap negatife yang dilakukan seorang wirausaha untuk mencapai suatu keberhasilan. Kesimpulan peserta didik tentang sikap dan perilaku yang harus dilakukan wirausaha untuk mencapai keberhasilan adalah mandiri, kerja keras, tekun, pantang menyerah, kreatif, selalu belajar yang baru, jujur, disiplin, hemat, teliti, berani menanggung resiko, komunikatif. (ips2/ton)

Baca juga:   Mudahnya Belajar Menyusun Laporan Harga Pokok Produksi lewat Video

Guru SMK N 1 Jambu Kab. Semarang

Populer

Lainnya