Pembelajaran Descriptive Text dengan Kemicar Speaking Ability

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran bahasa Inggris merupakan materi pokok bagian dari fungsi pengembangan diri siswa dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang diharapkan setelah menamatkan studi, mereka mampu tumbuh dan berkembang menjadi individu yang cerdas, terampil dan berkepribadian sebagai bekal hidup di masa mendatang.

Penguasaan materi pelajaran bahasa Inggris meliputi empat keterampilan yaitu berbicara (speaking), menulis (writing), mendengarkan (listening) dan membaca (writing). Speaking untuk kebanyakan orang dianggap keterampilan paling sulit karena meliputi banyak aspek dari kemampuan berbahasa Inggris. Sesungguhnya yang diperlukan hanyalah keberanian dan motivasi yang besar untuk bisa berbicara bahasa inggris. Materi tersebut meliputi transaksional interpersonal, functional dan monolog teks.

Adapun kendala yang dihadapi penulis dalam pembelajaran descriptive text dengan KEMICAR yaitu siswa kurang tertarik, kurang berminat, kurang termotivasi. Maka seorang pendidik harus menentukan tujuan yang tepat dalam proses belajar mengajar menjadi menyenangkan. Sebagai pendidik dapat menyiapkan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang kita ajarkan. Pembelajaran yang mudah dipahami dan menyenangkan dapat menumbuhkan motivasi dan minat peserta didik untuk belajar bahasa inggris. Untuk mendukung pembelajaran descriptive text dengan KEMICAR penulis menggunakan metode guessing game.

Baca juga:   Pendidikan Karakter dalam Pelajaran Seni Musik

Menurut Marriem Webste guessing game adalah sebuah permainan yang mana seseorang harus bersaing dengan orang lain atau kelompok lain untuk menebak sesuatu yang telah diberi petunjuknya.

Tujuan pembelajaran descriptive text dengan KEMICAR yaitu meningkatkan perbendaharaan kosa kata, melatih peserta didik untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Secara umum guessing game dapat kita terapkan pada semua usia baik anak-anak, remaja atau orang dewasa dan juga pada materi lain seperti menebak nama orang, benda, binatang, tempat, jenis profesi dan lain lain. Guessing game juga dapat dilaksanakan antar individu atau antar kelompok.

Langkah-langkah pembelajaran descriptive text dengan KEMICAR yang paling tepat yaitu pertama, menyiapkan materi yang akan diajarkan. Kedua, memberi sedikit ice breaking untuk mendapatkan perhatian siswa. Ketiga, memancing siswa dengan beberapa pertanyaan supaya siswa mau berbicara dan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam bahasa Inggris. Keempat, memberi bekal pada siswa tentang penjelasan descriptive text tentang menjelaskan manuasia. Kelima, pendidik menjelaskan kembali tentang materi descriptive text. Keenam, sebelum memulai guessing games pendidik membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan pendidik menjelaskan tentang guessing games. Ketujuh pendidik meminta satu perwakilan dari masing-masing kelompok untuk berdiri di depan, siswa yang berdiri tidak boleh melihat di papan tulis. Kedelapan tulis salah satu nama orang. Kesembilan pendidik minta anggota kelompok untuk menyebutkan ciri ciri nama orang tersebut. Kesepuluh pendidik memberi kesempatan anggota kelompok yang berdiri di depan kelas untuk menebak nama orang yang di sebut. Kesebelas siswa yang dapat menebak pertama kali dan jawaban benar,tepat untuk mendapatkan reward.

Baca juga:   Membuat Video Ungkapan Hope dan Congratulation dengan Handphone

Setelah pelaksanaan pembelajaran descriptive text menggunakan guessing games bahasa Inggris, siswa mendapat ketertarikan teresendiri dalam belajar. Guessing games memberikan pengaruh untuk meningkatkan minat serta motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris. Serta menstimulasi siswa untuk berbicara bahasa Inggris sehingga akan meningkat kemampuan berbicara bahasa Inggris. Teknik pembelajaran descriptive text dengan KEMICAR bermakna dan tepat diterapkan pada kelas VIII semester 1 di MTs Assakinah Rejosari Karangawen Demak tahun 2020/2021. (fbs1/lis)

Guru Bahasa Inggris MTs Assakinah Rejosari Karangawen, Demak

Populer

Lainnya