Tingkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Media Gambar Seri

Oleh: Nur Hidayah

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KETERAMPILAN merupakan kemampuan untuk menggunakan akal, pikiran, ide dan kreatifitas dalam mengerjakan, mengubah ataupun membuat sesuatu menjadi lebih bermakna sehingga menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut. sedangkan menulis merupakan suatu kegiatan seseorang dalam mengungkapkan ide, gagasan atau buah pikiran melalui tulisan.
Keterampilan menulis adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain melalui bahasa tulis.Maksud pendapat tersebut adalah keterampilan menulis merupakan kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide atau pikirannya dalam bentuk tulisan sehingga dapat dibaca oleh orang lain.

Keterampilan menulis merupakan keterampilan bahasa yang harus dipelajari secara terus menerus. Keterampilan Menulis ialah kemampuan menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut.

Menulis juga dapat dicapai dengan baik oleh siswa yang dapat menyusun pikiran dan mengutarakannya dengan jelas.

Teks prosedur merupakan teks yang berisi langkah-langkah atau tahap – tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan. Tujuan dari teks prosedur adalah menunjukkan bagaimana melaksanakan tindakan dalam urutan tertentu. Teks prosedur adalah teks yang menunjukkan dan menjelaskan sebuah proses dalam membuat ataupun mengoperasikan sesuatu yang dikerjakan secara sistematis dan teratur.
Menurut Endah, teks prosedur adalah teks yang memberikan petunjuk untuk melakukan atau menggunakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.

Baca juga:   Menanamkan Karakter Siswa Melalui Kemitraan

Gambar seri merupakan salah satu media pembelajaran yang dipakai pada proses belajar mengajar yang dapat membantu siswa di kelas. Secara umum, konsep gambar seri yaitu deretan gambar yang bersusun secara runtun. Biasanya gambar tersebut berisi sebuah cerita beserta alurnya. Gambar seri merupakan kesatuan informasi yang dituangkan dalam beberapa tahapan dibuat dalam satu tahapan sehingga memerlukan beberapa gambar. Dengan gambar seri, siswa SMP 41 Semarang dilatih mengungkapkan adegan dan kegiatan yang ada dalam gambar .

Media gambar bersambung atau gambar seri yaitu media grafis yang digunakan untuk menerangkan suatu rangkaian perkembangan sebab setiap seri media gambar bersambung dan selalu terdiri dari sejumlah gambar. Media gambar seri ini sering disebut gambar susun yang saling berhubungan satu sama lainnya sehingga menjadi satu kesatuan atau satu rangkaian cerita. Gambar seri tersebut bukan hanya dapat dipahami, ditafsirkan, dan dihayati oleh siswa, tetapi memahami suatu gambar memerlukan pikiran yang kritis, maka inilah salah satu manfaat gambar seri dalam pengajaran teks prosedur yakni membangkitkan sikap kritis pada diri siswa dan membuat daya konsentrasi siswa tetap terjaga.

Baca juga:   Menumbuhkan Minat Baca Siswa melalui Perpustakaan

Media gambar seri mempunyai peranan dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa khususnya siswa SMPN 41 Semarang. Media gambar seri merupakan rangkaian gambar yang terdiri atas dua gambar atau lebih yang saling berhubungan satu sama lainnya dan membentuk satu kesatuan cerita yang dapat dijadikan alur pemikiran yang digunakan dalam interaksi belajar sehingga dapat dijadikan bahan penyusunan paragraf.

Menurut Soeparno, peranan gambar seri dalam pembelajaran menulis adalah membantu siswa dalam memperoleh konsep tentang suatu topik tertentu dengan mengamati gambar seri yang dibentangkan di depan kelas kemudian siswa diminta menuangkan dalam bentuk tulisan.

Dengan memanfaatkan media gambar seri, siswa akan tertarik dan akan terpusat perhatiannya pada segala sesuatu yang ada di dalam gambar dan memudahkan siswa menuangkannya ke dalam bentuk tulisan sehingga minat menulis siswa menjadi meningkat.

Siswa akan lebih mudah memahami konsep bila melalui media yang konkret, begitu pula dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Dengan mengamati gambar, siswa akan lebih mudah membuat kalimat dan merangkai kalimat menjadi sebuah paragraf yang sesuai dengan gambar dan mengungkapkan dalam bentuk tulisan. (ips1/zal)

Guru Bahasa Indonesia SMPN 41 Semarang

Populer

Lainnya