Cara Asyik Kenali Segiempat dengan Alga Seburi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Matematika yang sifatnya abstrak, cenderung sulit diterima dan dipahami oleh peserta didik. Untuk itu belajar matematika memerlukan latihan yang terus menerus tetapi tidak membosankan. Maka dibutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran atau alat peraga. Menurut Suprihatiningrum (2013:319) media diartikan sebagai alat dan bahan pembawa informasi pelajaran dan bertujuan mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran. Proses belajar akan lebih menyenangkan jika alat peraga itu buatan sendiri.

Penggunaan alat peraga diharapkan dapat memperjelas materi sehingga lebih cepat dipahami dan dimengerti oleh peserta didik. Apalagi pada materi yang terdapat banyak sekali hafalan rumus, sebagai contoh materi kelas VII yaitu keliling dan luas segiempat. Meskipun materi tersebut sudah pernah dipelajari saat di bangku Sekolah Dasar (SD), namun bagi peserta didik yang belum dapat menghafalkan rumusnya akan merasa kesulitan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas segiempat. Berbeda dengan segitiga, hampir 100 persen peserta didik hafal rumus luas segitiga. Apapun jenis segitiganya rumus luasnya sama, yaitu setengah kali alas kali tinggi atau alas kali tinggi dibagi dua.

Baca juga:   Perwujudan Demokrasi Pancasila di Sekolah

Penulis memberikan materi segiempat dengan cara menugaskan peserta didik membuat Alga Seburi untuk lebih mengenal jenis-jenis segiempat. Alga Seburi adalah akronim dari alat peraga segitiga buatan sendiri yaitu media pembelajaran berupa bangun-bangun segitiga siku-siku yang sama ukurannya dan merupakan hasil karya sendiri.

Langkah-langkah pembelajaran mengenal segiempat dengan alga seburi adalah sebagai berikut: (1) peserta dididik diminta untuk mengingat kembali materi di SD tentang segitiga dan segiempat, (2) peserta didik menulis rumus keliling dan luas segitiga dan macam-macam segiempat, (3) peserta didik membuat alat peraga sederhana alga Seburi, dengan melukis segitiga siku-siku yang berukuran alas 3 cm dan tinggi 4 cm pada kertas tebal. Cara pembuatannya sebagai berikut: (a) tentukan titik A, tarik garis lurus dengan panjang 3 cm ke titik B, (b) gunakan busur, tentukan sudut 90° dengan pusat titik A, tandai dengan sebuah titik, (c) tarik garis lurus dari titik A melalui titik tadi dengan panjang 4 cm, tandai titik C, (d) tarik garis lurus dari titik B ke titik C, (e) Potong segitiga siku-siku ABC dengan rapi, (4) peserta didik mengerjakan langkah no.3 untuk membuat 11 buah segitiga yang sama, (5) peserta didik membuat beberapa jenis segiempat dengan cara menyusun beberapa Alga Seburi. Selanjutnya menentukan nama jenis segiempat yang terbentuk, menggambar bentuknya dengan ukuran yang ada, lalu membuktikan rumus untuk setiap jenis segiempat yang terbentuk dengan pendekatan luas seluruh segitiga pembentuk. Agar lebih jelas langkah-langkahnya peserta didik dapat mengerjakan sambil menonton video pembelajaran yang diberikan.

Baca juga:   Pembelajaran Avika Mudahkan Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat

Pembelajaran ini penulis lakukan di kelas VII B SMP Negeri 2 Sukorejo Kendal, peserta didik lebih merespon dengan bukti tugas ini lebih banyak yang melaksanakan dibanding dengan tugas yang berupa penyelesaian soal. Dengan menggunakan Alga Seburi diharapkan peserta didik akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan mengkonstruksikan sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya mengenal dan lebih hafal rumus keliling dan luas jenis-jenis segiempat. (dj2/ton)

Guru Matematika SMP Negeri 2 Sukorejo Kab. Kendal

Populer

Lainnya