Menganalisis Prioritas Kebutuhan Harian Siswa SMA

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan oleh manusia yang harus terpenuhi, apabila tidak dipenuhi akan mengganggu atau mengancam keberlangsungan hidup manusia itu sendiri. Kebutuhan dibagi berdasarkan beberapa macam. Kebutuhan menurut intensitasnya dibagi menjadi kebutuhan primer (makan, pakaian, tempat tinggal), kebutuhan sekunder (televisi, ponsel), dan kebutuhan tersier/mewah (mobil, perhiasan).

Kebutuhan menurut waktunya dibagi menjadi kebutuhan sekarang (makan, minum, obat) dan kebutuhan masa depan (tabungan, pendidikan). Kebutuhan menurut subyeknya dibagi menjadi kebutuhan individu (makanan, pakaian) dan kebutuhan kelompok (sekolah, jembatan, puskesmas), serta kebutuhan menurut sifatnya dibagi menjadi kebutuhan jasmani (pakaian, makanan) dan kebutuhan rohani (ibadah, pendidikan, perhatian). Pembelajaran ekonomi tentang materi kebutuhan harus diberikan kepada siswa kelas X SMAN 1 Kradenan agar mereka memahami prioritas kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Terdapat banyak metode pembelajaran untuk dapat menyampaikan materi kebutuhan pada siswa di sekolah. Salah satu metode yang cukup tepat dan menyenangkan diterapkan pada pembelajaran kebutuhan adalah dengan meminta siswa untuk menganalisis kebutuhan harian mereka secara langsung. Dimana dengan metode ini siswa dapat lebih memahami mengenai barang atau jasa apa saja yang dibutuhkan oleh mereka yang harus disesuaikan dengan sumber daya/pendapatan yang dimiliki.

Baca juga:   Belajar Asyik Mekanisme Debit Kredit Menggunakan Jarikuntansi

Pembelajaran bab kebutuhan diawali dengan guru memberikan penjelasan tentang pengertian kebutuhan dan macam-macam kebutuhan. Selanjutnya siswa diminta untuk mencatat kebutuhan harian siswa masing-masing. Kebutuhan yang dicatat adalah kebutuhan yang dilakukan siswa secara nyata setiap harinya disesuaikan dengan pendapatannya. Jadi, siswa diminta untuk menuliskan berapa uang saku yang didapatkan dari orang tuanya setiap hari, lalu siswa juga menuliskan barang atau jasa apa yang mereka beli dari uang tersebut. Pencatatan dilakukan selama seminggu, agar dapat lebih terlihat hasilnya secara nyata tentang kebutuhan siswa.

Berikutnya setelah siswa menulis kebutuhan harian mereka. Siswa diminta untuk mengelompokkan mana saja yang merupakan kebutuhan prioritas harian mereka dan juga menganalisis apakah ada sisa uang mereka yang bisa untuk menjadi tabungan. Dengan menuliskan prioritas kebutuhan harian siswa, siswa juga diajari untuk memilih barang atau jasa apa yang sangat penting untuk mereka serta mengajarkan siswa untuk lebih berhemat dan menabung untuk masa depan.

Menggunakan metode pembelajaran menulis prioritas kebutuhan ini sangat tepat untuk materi kebutuhan. Karena metode ini dapat memberikan pengalaman nyata bagi siswa bagaimana mengatur kebutuhan siswa dengan baik dan berhemat dalam menggunakan sumber daya keuangan. Dengan siswa kelas X SMAN 1 Kradenan belajar kebutuhan dengan menulis prioritas kebutuhannya sehari-hari tentu akan lebih mudah bagi siswa untuk memahami materi ini, dan nantinya akan berdampak untuk peningkatan prestasi belajar ekonomi siswa di sekolah. (ips1/lis)

Baca juga:   GGE Memotivasi Pembelajaran Penguatan Ekonomi Maritim

Guru Ekonomi SMA Negeri 1 Kradenan

Populer

Lainnya