Tingkatkan Keterampilan Menulis melalui Bola Berputar

spot_img

RADARSEMARANG.ID, TUJUAN pembelajaran bahasa Indonesia di SMP meliputi dua aspek. Pertama, siswa dapat mengetahui pengetahuan bahasa Indonesia. Kedua, siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dalam keterampilan berbahasa. Keterampilan bahasa meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan tersebut saling berhubungan dan tidak dapat berdiri sendiri.

Dari keempat keterampilan tersebut, keterampilan menulis yang dianggap paling sulit dan perlu mendapat perhatian lebih. Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat kompleks, siswa tidak hanya menuangkan ide, tetapi siswa dituntut menuangkan gagasan, konsep, perasaan, dan kemauan. Menurut Tarigan (2008:2), keterampilan menulis merupakan modal utama bagi siswa dalam pembelajaran bahasa. Kemampuan menulis siswa mencerminkan keberhasilan pembelajaran bahasa di sekolah karena kemampuan siswa dalam menulis merupakan salah satu indikator ketercapaian pembelajaran keterampilan bahasa.

Namun sangat disayangkan, pembelajaran keterampilan menulis di sekolah belum optimal. Pembelajaran keterampilan menulis masih dianggap sulit. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis di sekolah masih banyak kendala, baik dari faktor guru maupun siswa.

Kendala tersebut dialami anak ketika belajar bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Surakarta. Di antaranya, guru menggunakan metode monoton, tidak variatif sehingga siswa malas dan tidak antusias dalam belajar keterampilan menulis. Untuk itu, penulis menggunakan metode pembelajaran bola berputar dalam meningkatkan keterampilan menulis.

Baca juga:   WhatsApp Auto Reply Ramah Lingkungan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pembelajaran keterampilan menulis dengan metode permainan bola berputar membuat peserta didik menjadi aktif dan kreatif. Pembelajaran ini menyenangkan dan dinamis, karena peserta didik dapat belajar sambil bermain dan bernyanyi dengan bola-bola sebagai medianya. Bola dikelilingi sesuai arah jarum jam diiringi nyanyian. Pada saat nyanyian berhenti, maka peserta didik yang memegang bola mendapat kesempatan untuk menulis. Demikian seterusnya.

Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis dengan metode bola berputar dimulai dengan guru mempersiapkan alat pembelajaran yang dipakai yaitu bola pingpong atau bola tenis, tape recorder, kertas kuarto/flipchard/karus. Berikutnya guru memulai pembelajaran dengan tahap awal (guru memberikan apersepsi dan menyampaikan rumusan tujuan pembelajaran). Berikutnya guru memberi contoh paragraf naratif dan mendiskusikan pengertian dan ciri paragraf naratif bersama dengan siswa. Selanjutnya, guru menginformasikan aturan permainan pembelajaran keterampilan menulis dengan bola berputar. Tahap berikutnya, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok diberi satu kertas yang sudah dituliskaan gagasan pokok yang akan dikembangkan oleh siswa. Masing-masing siswa mempelajari gagasan pokok yang akan dikembangkan bersama dengan kelompoknya. Selanjutnya tiap kelompok diberi satu bola oleh guru. Guru memutarkan lagu yang menarik, ketika lagu diputar siswa memberikan bola kepada teman sekelompoknya searah jarum jam. Saat guru memberhentikan lagu maka siswa yang memegang bola harus menulis satu kalimat pelengkap. Demikian seterusnya sampai paragraph narasi selesai. Selanjutnya masing-masing kelompok membacakan paragrafnya dan kelompok lain menanggapinya. Pada tahap akhir pembelajaran, guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran dan dilanjutkan guru memberi tugas kepada siswa untuk mengembangkan kalimat utama yang sudah ditentukan secara individu.

Baca juga:   Pembelajaran IPA Lebih Bermakna dengan Bidak

Berdasarkan hasil pembelajaran, keterampilan menulis dengan bola berputar dapat disimpulkan bahwa suasana kelas menjadi lebih dinamis sehingga siswa merasa senang mengikuti pembelajaran keterampilan menulis. Selain itu, siswa lebih aktif mengikuti pelaksanaan pembelajaran sehingga keterampilan menulis siswa meningkat. Dengan meningkatnya keterampilan menulis siswa menunjukkan bahwa metode bola berputar dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa SMP Negeri 15 Surakarta. (ds2/ida)

Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 15 Surakarta

Populer

Lainnya