Asyiknya Belajar Menghafal Mufradat melalui Media Musik

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran bahasa Arab yang ideal bukanlah hal yang mudah. Beberapa kendala dalam pembelajaran bahasa Arab seperti dengan sistem bunyi atau shautah, bahasa atau nahwu dan makna atau dalalah. Penggunaan metode yang monoton yang berdampak melemahnya minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Kondisi inilah yang seharusnya menuntut para guru untuk bisa memikirkan bagaimana cara agar pembelajaran dapat mencapai nilai standar. Salah satu modifikasi strategi dalam pembelajaran yang dapat dilakukan oleh penulis adalah membuat suasana kelas 6 MI NU 26 Pidodowetan menjadi relaks dan menyenangkan dengan memutar musik (lagu) sebagai media pembelajaran bahasa arab.

Pembelajaran bahasa Arab hendaknya mengacu pada empat kemampuan bahasa yaitu kemampuan menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qiraah), dan menulis (kitabah). Dalam pembelajaran bahasa Arab tentang penguasaan aspek mufradat penulis menggunakan media musik (lagu) sebagai media pembelajaran. Musik salah satu cara untuk merangsang kreatifitas atau pikiran sehingga peserta didik mudah menerima pembelajaran dengan baik. Musik dapat membantu peserta didik bekerja lebih baik dalam mengingat, menghafal mufradat secara lebih efektif. Musik (lagu) juga dapat merangsang serta memperkuat belajar baik secara sadar maupun tidak sadar. Dengan lirik lagu dapat membantu mengingat kata kata lebih baik serta dapat memahami pesan lagu yang lebih dalam dan mengingat dalam jangka waktu yang lebih lama, selain lebih mudah mengingat dan memahami mufradat secara efektif.

Baca juga:   Microsoft Teams 365 Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi

Banyak sekali manfaat penggunaan musik (lagu) dalam proses pembelajaran yaitu pertama, musik (lagu) akan membantu peserta didik rileks dan mengurangi stres yang akan menghambat pembelajaran; kedua, merangsang kreativitas dan kemampuan berpikir peserta didik; ketiga, merangsang minat baca, ketrampilan motorik dan perbendaharaan kata; keempat, sangat efektif untuk proses pembelajaran yang melibatkan pikiran sadar maupun pikiran di bawah sadar.

Sebagaimana telah dipaparkan di atas banyak manfaat musik bila digunakan dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Lirik sederhana diganti dengan kalimat bahasa Arab. Contoh lagu tentang pelangi yang diubah menjadi lafal bahasa Arab. Masih banyak lagi contoh-contoh lirik yang lain, baik yang tersebar di internet maupun di buku-buku bahasa Arab. Hal ini juga sangat dipengaruhi oleh kreativitas dan inovasi seorang guru dalam menciptakan lirik dalam bahasa Arab serta dipadukan dengan musik yang sedang popular dan sering didengar peserta didik.

Musik adalah bahasa universal yang selalu sesuai dengan usia anak, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Maka tidak mengherankan musik (lagu) juga dapat digunakan dalam pembelajaran khususnya bahasa Arab. Dalam penggunaan musik dalam pembelajaran bahasa Arab sangat diperlukan kreativitas dan pengetahuan luas seorang guru dalam menciptakan lirik. Lirik pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik. Diharapkan ketika pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan kreativitas guru khususmya dalam menggunakan musik sebagai media pembelajaran dan bahkan juga memadukan metode permainan maka siswa pun bersemangat mengikuti pembelajaran dan tentunya hasil pembelajaran tersebut sesuai dengan yang diharapkan. (on2/ton)

Baca juga:   Peran Guru IPA dalam Upaya Pemahaman Kesehatan Reproduksi Remaja

Guru MINU 26 Pidodowetan, Patebon, Kendal

Populer

Lainnya