Belajar Descriptive Text Lebih Bermakna dengan Quizizz

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dunia mengalami perkembangan yang cukup pesat, sesuai dengan generasinya. Pada setiap generasi memiliki karakter masing-masing. Hal ini dipengaruhi oleh lingkungan pada masa generasi tersebut. Sehingga setiap generasi memiliki tabiat dan perilaku yang berbeda.

Dalam teori generasi (Generation Theory) yang dikemukakan Graeme Codrington & Sue Grant-Marshall, Penguin (2004) generasi manusia dibedakan berdasarkan tahun kelahirannya, yaitu, 1) Generasi Baby Boomer, lahir 1946-1964. 2) Generasi X, lahir 1965-1980. 3) Generasi Y, lahir 1981-1994 atau sering disebut generasi milenial. 4) Generasi Z, lahir 1995-2010, disebut juga iGeneration, GenerasiNet, Generasi Internet. 5) Generasi Alpha, lahir 2011-2025. Kelima generasi tersebut memiliki perbedaan pertumbuhkembangan kepribadian. (https://www.silabus.web.id/generasi-z-berdasarkan-teori-generasi/)

Saat ini, guru berada pada dua atau tiga generasi, yaitu guru yang terlahir dan hidup pada generasi Y atau X dan siswa yang terlahir pada generasi Z dan Alpha. Guru pada zamannya baru saja mulai mengenal PC yang belum secanggih saat ini. Sekarang guru harus mengalami lompatan yang sangat cepat untuk bisa mengikuti perkembangan generasi Z yang sehari-harinya berhadapan dengan teknologi.

Baca juga:   Meningkatnya Kemampuan Berbicara Siswa dengan Teknik Deletion

Meski begitu, guru harus bisa menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan dan diminati siswa. Seperti yang dituliskan Nasution dalam buku Berbagai Pendekatan dalam proses belajar dan mengajar, “belajar akan lebih berhasil bila bahan pelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta didik.”
Meski guru terlahir pada era generasi Y atau X, sudah semestinya memahami kebutuhan siswa. Guru harus mau mengikuti perkembangan zaman dan mengubah cara mengajar yang sesuai dengan pola pikir para siswa generasi Z. Salah satu media yang bisa digunakan untuk membuat pembelajaran menjadi menarik adalah membuat kuis online dengan quizizz.

Quizizz adalah salah satu konten yang bisa digunakan sebagai media menarik untuk menyajikan materi pembelajaran. Seperti pada pelajaran bahasa Inggris pada materi descriptive text yaitu materi kelas VII semester dua. Materi ini memerlukan penjelasan yang cukup banyak tetapi kondisi pandemi covid -19, mengharuskan para siswa belajar sendiri di rumah. Maka guru berinovasi dalam memberikan penjelasan kepada para siswa.

Quizizz dipandang bisa memberikan solusi pada guru dan siswa kelas VII MTsN 4 Sleman dalam mempelajari materi descriptive text dalam bahasa Inggris. Quizizz bisa disisipi gambar dalam pertanyaandan suara. Ini memudahkan siswa memahami dan menyimpulkan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dalam quizizz. Gambar-gambar yang ditampilkan membantu siswa menggambarkan tentang benda, orang maupun binatang. Hal ini terlihat dengan antusiasme siswa yang hampir seratus persen mengerjakan game yang diberikan dengan skor nilai sesuai yang harapan.

Baca juga:   Peningkatan Pembelajaran IPS Materi Kerja Sama ASEAN dengan Examples Non Examples

Meskipun pembelajaran dikemas dalam bentuk kuis, guru tidak boleh lupa bahwa kuis yang dibuatnya harus bermakna dalam pembelajaran. Hasil akhirnya, anak diharapkan bisa memahami materi itu dan bisa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti pada pelajaran bahasa Inggris dengan materi descriptive text para siswa kelas VII MTsN 4 Sleman, merasa tertarik untuk mengerjakan kuis-kuis dalam bentuk quizizz dan hasilnya para siswa masih bisa mengingat kosakata yang dimunculkan dalam quizizz tersebut. Para siswa bisa mendeskripsikan benda, orang maupun binatang di sekitar mereka. (dar1/ida)

Guru Bahasa Inggris MTsN 4 Sleman dan email: yuliana_afnan@yahoo.co.id

Populer

Lainnya