Pembelajaran English Song Asyik dengan Tayangan Youtube

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DALAM era globalisasi ini, bahasa Inggris mempunyai peranan penting. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai bahasa pengantar di berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggis dengan cara menyenangkan adalah dengan mempelajarinya lewat lagu.

English Song atau lagu yang ditulis dalam bahasa Inggris kini menjadi salah satu materi yang harus dikuasai dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dalam pembelajaran English Song, siswa bisa menguasai empat keterampilan bahasa Inggris sekaligus, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Namun dalam pembelajaran English Song ini banyak peserta didik mengalami kesulitan karena belum terbiasa mendengarkan, menghafalkan dan memahami makna lagu yang masih asing bagi siswa. Pronunciation atau cara mengucapkan kata demi kata dalam lagu dan perbendaharaan kata bahasa Inggris siswa masih terbatas, sehingga belum mampu melantunkan dan memaknai lagu bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Browster dkk (2002) mengungkapkan bahwa lagu memberi manfaat yang luar biasa bagi pembelajaran pronunciation. English Song dapat digunakan untuk memperlancar pronunciation yang dianggap sulit bagi siswa, karena antara huruf dan cara membaca kata dalam bahasa Inggris itu berbeda. Tantangan bagi guru dalam hal ini adalah bagaimana membuat siswa dapat meningkatkan kemampuan pronunciation dan memperkaya kosa kata dalam bahasa Inggris. Karena alasan itu, siswa kemudian dibiasakan dan diberi tugas untuk mendengarkan dan menghafalkan lagu dalam bahasa Inggris. Siswa diminta menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris dengan pronunciation yang benar, menemukan kosa kota baru, dan memahami makna atau pesan moral yang ada di dalam English Song tersebut.

Baca juga:   Pembelajaran Kelompok Kelas dengan Home Visit

Belajar English Song bisa sangat menyenangkan jika proses pembelajarannya memanfaatkan media pembelajaran yang menarik. Tayangan Youtube adalah pilihan media pembelajaran yang asyik untuk lebih mahir dalam English Song. Lewat tayangan Youtube, siswa akan merasa senang. Perasaan senang ini merupakan bahan dasar yang sangat penting agar pencapaian kemampuan bahasa Inggris bisa lebih memuaskan. Lewat Youtube, selain menyenangkan, siswa bisa belajar dari native speakers-nya, logat dan intonasi bisa lebih akurat. Siswa juga bisa melihat tayangan lagu lengkap dengan teks dan maknanya. Mereka bisa mempelajarinya sendiri dan mengulang beberapa kali sampai mereka lancar dan paham.

Pembelajaran English Song lewat tayangan Youtube ini berhasil diterapkan kepada siswa di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Kabupaten Demak. Mereka berhasil menyelesaikan tugas melengkapi lirik, menghafal atau melantunkan lagu dalam bahasa Inggris yang mereka sukai, dengan pronunciation dan penghayatan atau pemahaman tentang lagu yang dinyanyikan secara baik dan lancar. Siswa juga mampu memaknai dan menemukan pesan moral yang terkandung dalam lagu tersebut. (dar1/ida)

Baca juga:   Pembelajaran IPS Door To Door saat Pandemi Covid-19

Guru Bahasa Inggris MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Kabupaten Demak

Populer

Lainnya