Asyiknya Belajar Getaran Harmonis dengan Project Based Learning

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Tantangan guru ke depan adalah bagaimana membekali kemampuan yang cukup dalam mempersiapkan peserta didik. Tidak hanya pada aspek pengetahuan dan keterampilan saja, melainkan juga pembentukan watak, sikap dan perilaku (attitude) dalam kehidupan sehari-hari. Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang menurut peserta didik termasuk pelajaran yang sulit. Hal ini membuat peserta didik cenderung pasif, merasa jenuh, kurang disiplin dan membosankan.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka penulis mencoba menggunakan model pembelajaran yang cocok dengan permasalahan di atas. Model pembelajaran yang sudah digunakan oleh penulis pada materi getaran harmonis di SMA Negeri 1 Kedungwuni adalah model pembelajaran project based learning (PBL).

Menurut Thomas (2000), bahwa project based learning adalah sebuah model atau pendekatan pembelajaran yang inovatif, yang menekankan belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks, di mana peserta didik belajar dalam situasi problem yang nyata, yang dapat melahirkan pengetahuan yang bersifat permanen dan mengorganisir proyek-proyek dalam pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan prinsip yang mendasari pembelajaran berbasis proyek, yakni : (1) Pembelajaran berpusat pada peserta didik yang melibatkan tugas-tugas pada kehidupan nyata untuk memperkaya pembelajaran; (2) Tugas proyek menekankan pada kegiatan penelitian berdasarkan suatu tema atau topik yang telah ditentukan dalam pembelajaran; (3) penyelidikan atau eksperimen dilakukan secara otentik dan menghasilkan produk nyata yang telah dianalisis dan dikembangkan berdasarkan topik/tema yang disusun dalam bentuk produk, laporan atau hasil karya tersebut selanjutnya dikomunikasikan untuk mendapatkan tanggapan dan umpan balik untuk perbaikan proyek berikutnya.

Baca juga:   Keterampilan Berbicara Meningkat dengan Metode Talking Stick

PBL akan berhasil dengan baik, maka diperlukan langkah-langkah sebagai berikut: (1) penentuan pertanyaan mendasar; (2) mendesain perencanaan proyek; (3) menyusun jadwal; (4) memonitor peserta didik dan kemajuan proyek; (5) menguji hasil; (6) mengevaluasi pengalaman. Langkah-langkah pembelajaran diatas bukan merupakan harga mati, artinya guru mengembangkan dan memodifikasi sesuai dengan kebutuhan yang ada. PBL sangat disarankan implementasinya dalam kurikulum 2013. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat pendekatan ilmiah dan menghasilkan karya kontekstual.

Langkah-langkah pembelajarannya penulis membagi menjadi delapan kelompok terdiri atas empat sampai lima peserta didik. Pengelompokan ini berdasarkan pada hasil ulangan harian kompetensi dasar sebelumnya yang sudah dibuat peringkat nilai. Masing-masing terdiri dari dua peserta didik peringkat atas, satu peserta didik peringkat tengah dan dua peserta didik kelompok atas. Pendekatan pembelajaran dimulai dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui proses mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kemudian peserta didik berkumpul dikelompoknya menggali materi getaran harmonis dan mengerjakan lembar diskusi. Selanjutnya mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas, sedangkan kelompok lain menanggapinya.

Baca juga:   Tumbuhkan Motivasi Belajar IPS dengan PBL

Selanjutnya memberikan tugas yang harus diselesaikan. Tugas diberikan adalah merancang praktikum tentang gerak harmonik sederhana, kemudian hasil rancangannya di praktekkan dan hasilnya dipresentasikan kemudian dibuat laporan dan dikumpulkan. Model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah dan membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan problem-problem yang kompleks serta meningkatkan kolaborasi.

Dengan model pembelajaran PBL diharapkan dapat meningkatkan minat, motivasi, aktivitas dan hasil belajar fisika pada materi getaran harmonis dan membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Sehingga peserta didik menikmati proses pembelajaran. (ips1/aro)

SMA Negeri 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan

Populer

Lainnya