Efektifitas Permainan Happy Kingdom pada Pembelajaran IPA

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SALAH satu bab mata pelajaran IPA kelas VII Semester ganjil adalah Klasifikasi makhluk hidup. Kompetensi dasar pada materi ini adalah mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati. Materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII kurikulum 13 mencakup tentang ciri-ciri benda di lingkungan sekitar, cara mengklasifikasikan makhluk hidup, dan pengklasifikasian makhluk hidup.

Pembelajaran klasifikasi makhluk hidup memerlukan interaksi langsung antara siswa dan lingkungan dan spesimen-spesimen makhluk hidup. Interaksi langsung dengan lingkungan diharapkan membuat siswa mampu menemukan sendiri konsep pembelajan materi klasifikasi makhluk hidup. Selain itu diharapkan akan tumbuh karakter ekologis dalam diri siswa.

Upaya untuk melibatkan siswa di SMPN 3 Kedungwuni Kab.Pekalongan secara aktif dalam pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup adalah melalui metode permainan happy kingdom.Metode permainan happy kingdom merupakan salah satu metode pembelajaran yang dikemas dalam permainan yang menyenangkan. Permainan happy kingdom diharapkan mampu meningkatkan ketrampilan proses sains pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Permainan happy kingdom adalah permainan tradisional ijonan yang dimodifikasi sehingga bisa digunakan sebagai metode pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup. Permainan happy kingdom merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif dari TGT (Team Game Tournament). TGT adalah model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa dengan menggunakan turnamen akademik, kuis-kuis, dan skor kemajuan individu.

Baca juga:   Jangan Pernah Takut Memberikan Konsep Perkalian Berbeda pada Siswa SD

Cara bermain dalam happy kingdom adalah guru menyuruh pemain untuk menyentuh spesimen (dengan menyebutkan jenis, ciri, karakteristik dan golongan spesimen tersebut tanpa menunjuk spesimen yang dimaksud). Kemudian pemain yang lain berlari mencari spesimen tersebut dan menghindari zombie. Pemain akan berubah jadi zombie apabila pemain disentuh oleh zombie dalam keadaan pemain tidak sedang menyentuh spesimen atau sesuatu yang berwarna hijau. Pemenang permainan ini adalah pemain yang berhasil menemukan spesimen yang dimaksud dengan cepat. Setelah permainan selesai, maka dikalkulasi skor dan ditentukan pemenang terbanyak dari keseluruhan ronde permainan.

Guru dalam permainan ini berperan sebagai pemberi pertanyaan, pencatat skor, serta wasit yang nantinya memimpin permainan. Keberadaan guru di sini akan meminimalisir pemain agar tidak melakukan kecurangan.

Sintaks permainan happy kingdom meliputi 4 tahapan. Tahap 1 (pengajaran) guru menjelaskan sintaks permainan happy kingdom kepada siswa. Tahap 2 (Belajar Tim) meliputi kegiatan siswa yaitu mengamati video mengenai ciri-ciri makhluk hidup baik melalui gambar, spesimen awetan dan makhluk hidup di sekitar sekolah dan siswa melakukan presentasi dan diskusi hasil pengamatan. Tahap 3 (permainan), guru mengelompokkan siswa menjadi 6 kelompok dan memberi nama masing-masing tim dengan nama kingdom (berdasarkan sistem 5 kingdom) kemudian membagi spesimen dan gambar makhluk hidup sesuai dengan kingdom masing-masing. Sebaiknya untuk tahapan permainan ini dilakukan di luar ruangan bisa di depan kelas atau taman sekolah.

Baca juga:   Resitasi Tingkatkan Pemahaman Masyarakat dalam Membangun Integrasi

Tahap 4 (pemberian penghargaan) Skor dikalkulasi pada akhir pembelajaran, kelompok dengan skor tertinggi mendapatkan reward berupa pin gantungan kunci bertuliskan “The Great Team”

Metode happy kingdom akan lebih efektif bila guru mempersiapkan segala suatu dengan lebih matang salah satunya dengan mempersiapkan soal uji coba materi klasifikasi makhluk hidup. Soal uji coba yang digunakan sebaiknya juga diperhatikan analisis indeks kesukaran dan daya pembedanya. Saran saya metode permainan happy kingdom dilakukan secara outdoor, dan sebaiknya guru membacakan pertanyaan menggunakan pengeras suara. (dj1/zal)

Guru IPA SMPN 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Populer

Lainnya