Belajar Ekonomi Lebih Asyik dengan Aplikasi Quizizz

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Guru abad 21 dituntut tidak hanya mampu mengajar dan mengelola kegiatan kelas, namun juga dituntut membangun hubungan yang efektif dengan siswa dan komunitas sekolah. Serta mampu menggunakan teknologi untuk mendukung mutu pendidikan.

Media pembelajaran yang kurang kreatif menjadi salah satu faktor yang membuat kurang berminatnya siswa dalam belajar ekonomi. Karena selama ini pembelajaran ekonomi masih menggunakan metode konvensional. Azhar Arsyad (2006:15) mengemukakan pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan motivasi, rangsangan, kegiatan belajar, dan membawa pengaruh–pengaruh psikologis terhadap siswa. Media pembelajaran berbasis e-learning merupakan contoh dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana bagi guru dan siswa dalam mempermudah proses pembelajaran.

Salah satu dari jenis e-lerning yang menarik adalah “quizizz”. Quizizz adalah permainan interaktif yang dapat dikaitkan dengan mata pelajaran di berbagai jenjang kelas. Quizizz merupakan kuis online yang salah satunya berbentuk multiple choice. Kuis online ini terdiri dari soal dan 4 pilihan jawaban termasuk jawaban benar di antara pilihan tersebut. Pada soal maupun pilihan bisa diberikan gambar sesuai dengan keinginan. Soal yang sudah dibuat dapat dibagikan kepada peserta didik dengan menggunakan 6 digit kode. Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil belajar siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan di mana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Baca juga:   Penggunaan Crossword Puzzle untuk Belajar Ketenagakerjaan

Berikut langkah-langkah belajar asyik dengan quizizz: pertama, persiapan pembelajaran dengan membuat akun dan soal di quizizz dengan masuk ke www.quizizz.com lalu sign up, masukkan akun google atau email kita, pilih peran sebagai guru dan lengkapi data, klik open quiz creator isikan nama kuis kemudian buatlah pertanyaan, pilihan jawaban, dan mengatur jawaban yang benar, “Question preview” akan menampilkan soal yang sudah dibuat, bisa menambahkan soal baru dan klik finished bila sudah selesai, pilih grade atau tingkatan kelas berapa, subject atau mata pelajaran. Klik finish and create quiz, tampilkan kuis secara langsung di kelas atau untuk pekerjaan rumah (PR), setting kuis dan klik proceed.
Kedua, pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan kuis kepada siswa dengan cara klik live game, soal dan pilihan jawaban bisa di acak dan disetting waktunya, minta siswa klik join.quizizz.com di browser smartphone atau handphone masing-masing untuk mengerjakan soal bisa juga dengan klik aplikasi quizizz yang sudah di install melalui playstore dengan memasukkan kode game dan nama mereka. Siswa yang telah bergabung akan terlihat di layar laptop guru.

Baca juga:   Memahami Konsep Keseimbangan Harga Lebih Asyik dengan Role Playing

Ketiga, pada akhir kuis, siswa dapat mengetahui nilai secara langsung dan peringkat yang didapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal, guru dapat mengetahui peserta didik yang menjawab benar atau salah, dan siswa yang mendapatkan skor paling tinggi atau rendah.

Penggunaan media pembelajaran berupa quizizz sangat membantu siswa kelas X SMA N 5 Semarang dalam belajar ekonomi. Penggunaan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran mempunyai dampak positif. Di antaranya belajar menjadi lebih menyenangkan karena sambil bermain (have fun learning), menghemat kertas karena dengan quizizz siswa tidak menggunakan kertas, memanfaatkan smartphone sebagai media pembelajaran, mengefektifkan kerja guru dalam mengoreksi hasil belajar siswa karena hasil belajar dapat langsung terlihat, membuat kelas menjadi hidup dan siswa tidak lagi jenuh atau bosan saat pembelajaran sehingga motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningkat. (gml2/lis)

Guru Ekonomi SMAN 5 Semarang

Populer

Lainnya