Gerabah jadi Media Ciptakan Ragam Hias Cantik

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KARYA seni adalah suatu ciptaan artistik manusia yang memiliki ciri khas, nilai estetika dan ekspresi jiwa manusia. Seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk karya seni sehingga dapat dilihat oleh mata dan dirasakan melalui rabaan. Seni rupa merupakan hasil olahan dari titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur. Contoh hasil karya seni rupa antara lain gambar, keramik, lukisan, fotografi, video, arsitektur, dan lain-lain. Dan menggambar ragam hias adalah salah satu contoh karya seni rupa gambar yang diaplikasikan melalui media kertas, kanvas, dan gerabah.

Salah satu kompetensi dasar pada mata pelajaran Seni Budaya semester I kelas VII adalah menggambar ragam hias. Penulis, sebagai guru mata pelajaran Seni Budaya di SMPN 1 Andong memberikan tugas pada siswa kelas VII B untuk menciptakan ragam hias dengan media kertas. Hasil yang diperoleh, banyak siswa menciptakan ragam hias dengan bentuk motif yang sama. Banyak siswa yang meniru hasil karya temannya atau yang disebut dengan istilah Plagiat. Pengertian plagiat adalah tindakan mencuri (gagasan/karya) orang lain dan mengklaim atau mengumumkan sebagai karyanya (Putra, 2011). Maka guru mengambil langkah mengganti media kertas dengan media gerabah agar siswa mampu menciptakan ragam hias dengan kreativitasnya masing-masing.
Adapun langkah-langkah yang diterapkan guru dalam menggambar ragam hias melalui media gerabah. Pertama, guru memberikan pilihan bentuk gerabah yang bisa dipilih siswa untuk media menggambar motif ragam hias. Siswa membawa gerabah pilihannya. Pertemuan berikutnya, menyiapkan cat minyak dengan warna putih dan warna primer yaitu merah, biru, kuning. Gerabah dicat menggunakan warna dasar putih, kemudian diangin-anginkan agar kering.

Baca juga:   Pembelajaran IPS Berbasis Produk di Masa Pandemi Covid-19

Kedua, setelah cat dasar pada gerabah sudah kering, siswa mulai mendesain motif ragam hias menggunakan pensil. Siswa mengespresikan ide atau gagasan dalam mencipta motif ragam hias melalui media gerabah sesuai bentuk yang dipilihnya. Mereka benar-benar mengespresikan gagasan atau ide dalam menggambar ragam hias. Mereka fokus pada media gerabah yang dibawa dengan bentuk yang berbeda sehingga mengurangi kemungkinan melakukan tindakan meniru hasil karya temannya. Melalui gerabah, siswa lebih asyik dalam menuangkan ide gagasannya, ini berpengaruh pada kreativitas terciptanya hasil karya yang beragam di kelas VII B.

Ketiga, setelah selesai mendesain motif ragam hias, siswa mulai memberikan warna dengan cat minyak. Warna yang mereka aplikasikan sesuai dengan warna yang diinginkan. Siswa melalui kreativitas masing-masing bisa mengombinasikan dari warna primer menjadi warna baru sesuai dengan yang mereka inginkan. Antara siswa berlomba-lomba menuangkan ide dalam berkarya, dari bentuk dan warnanya.

Terakhir, keempat, siswa menyelesaikan pewarnaan dan mengeringkan cat dengan cara diangin-anginkan di teras kelas. Setelah catnya kering, maka melapisi dengan menyemprotkan pernis pada gerabah yang sudah digambari dengan motif ragam hias. Tujuan dari penyemprotan pernis agar gambar terlihat mengkilat dan terhindar dari jamur. Gerabah sebagai hasil karya selain dapat digunakan untuk media menggambar motif ragam hias, juga dapat digunakan sebagai hiasan dan pot bunga untuk menghias kelas.

Baca juga:   Belajar Menentukan Ruang Sampel aengan Kubus Berangka

Tindakan guru yang mengganti media kertas dengan gerabah dalam menciptakan ragam hias mempunyai beberapa keuntungan antara lain, siswa lebih semangat berkreasi dalam berkarya tanpa menjiplak karya temannya, meningkatnya hasil belajar dalam penilaian menggambar ragam hias, dapat menghias kelas VII B di SMP Negeri 1 Andong sehingga kelas dan lingkungan terlihat lebih indah. Sesuai dengan unsur yang terdapat pada seni yaitu keindahan. Ki Hajar Dewantara (dalam Yaya Badriya) berpendapat bahwa seni merupakan segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia. (dar1/ida)

Guru SMPN 1 Andong Kabupaten Boyolali

Populer

Lainnya