Hilangkan Miskonsepsi pada Pemahaman Massa Jenis dengan Gamonco

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENGERTIAN tentang massa jenis secara definisi dan rumus terasa sederhana. Kalau ukuran atau volume benda lebih besar, maka jawabannya massa jenis benda juga lebih besar untuk bahan yang sama. Contohnya, guru memperlihatkan dua benda berbentuk kubus yang ukurannya besar, dan yang satu ukurannya kecil terbuat dari bahan kayu semua. Kemudian guru menanyakan, apakah massa jenisnya sama? Banyak siswa yang menjawab tidak sama.

Pertanyaan berikutnya, kalau begitu mana yang massa jenisnya lebih besar? Banyak siswa yang menjawab, yang ukuran kubusnya lebih besar. Sebenarnya massa jenisnya sama, karena dari bahan yang sama. Kejadian ini yang dinamakan miskonsepsi dan terjadi pada siswa SMP 3 Kendal kelas 7 D.
Satuan massa jenis ini juga menimbulkan miskonsepsi. Misal massa jenis air 1 gram per sentimeter kubik, dalam satuan internasional 1.000 kilogram per meter kubik. Banyak siswa yang menjawab, massa jenisnya besar yang 1.000 kilogram per meter kubik. Seharusnya makna nilai keduanya sama.

Untuk menghilangkan miskonsepsi ini, maka siswa harus diajak melakukan percobaan yang dibimbing guru dengan demonstrasi di depan kelas. Karena menghitung massa jenis dari percobaan lebih sulit dibanding dari menyelesaikan soal massa jenis. Kesulitan siswa, mulai dari menimbang massa yaitu cara membaca angka di neraca, mengukur volume sampai pengubahan satuan dari sentimeter, gram, sekon ke sistem internasinal yaitu kilogram meter, sekon.

Baca juga:   Melatih Perkembangan Kognitif Anak melalui Dongeng

Dalam kurikulum 13 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya materi massa jenis pada Kompetensi Dasar (KD) 3.2, Mendeskripsikan Konsep Massa Jenis dalam Kehidupan Sehari-hari. Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada peserta didik suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru atau sumber belajar lain yang ahli dalam topik bahasan (Mulyani Sumantri, dalam Roestiyah 2001:82).

Roestiyah (2012:80) dalam bukunya Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta mengungkapkan yang dimaksud eksperimen adalah salah satu cara mengajar, di mana siswa melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya. Kemudian hasil pengamatannya itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru. Sedangkan siswa melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatannya itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru.
Maka menggabungkan metode demonstrasi dengan percobaan (Gamonco) ini salah satu solusi yang akan saya terapkan dalam proses pembelajaran. Karena gabungan metode ini merupakan cara pembelajaran yang melibatkan peserta didik ikut aktif dan memperhatikan apa yang d demonstrasikan sekaligus mendapat pengetahuan pengubahan sistem cgs (centimeter, gram, sekon) ke mks (kilogram meter, sekon).

Baca juga:   Tingkatkan Motivasi Belajar Fisika melalui Kata Bijak saat Pandemi Covid-19

Dalam melakukan kegiatan ini dibuatlah kelompok-kelompok, dalam satu kelas ada delapan kelompok. Setiap kelompok maksimal ada empat siswa. Masing-masing kelompok diberi lembar kerja siswa. Guru sebagai pembimbing juga menyiapkan bahan yang didemontrasikan. Untuk mencari massa jenis digunakan bahan kayu yang berbentuk kubus berjumlah tiga dengan ukuran berbeda.

Semua kelompok melakukan percobaan sesuai yang didemonstrasikan, yaitu menimbang massa dan mengukur volume dari masing-masing ketiga kubus yang ukurannya berbeda. Hasil pembagian massa dan volumenya itulah massa jenis benda. (ikd2/ida)

Guru SMPN 3 Kabupaten Kendal

Populer

Lainnya