GGE Memotivasi Pembelajaran Penguatan Ekonomi Maritim

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MODEL belajar aktif adalah salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas siswa. Belajar aktif mengakomodasi segala kepentingan siswa,karena siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran ( Silberman, 2006 ).
Dalam belajar aktif siswa berusaha menemukan sendiri,membentuk konsep dan menemukan pemecahan masalah yang dihadapi dalam materi yang dipelajari.
Guru sebagai fasilitator, mempunyai pengaruh dalam pembelajaran dikelas diharapkan mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa,membantu siswa dalam keseluruhan proses belajar oleh karena itu guru harus lebih kreatif dan inovatif.Guru tidak sekedar mengajar untuk memenuhi kewajibannya dan menyelesaikan beban materi pelajaran yang harus disampaikan tetapi diharapkan bisa mengembangkan minat belajar siswa, mengajak dan memotivasi keaktifan siswa,mampu menganalisis kesulitan siswa yang dihadapinya.

Selanjutnya guru mencari pemecahan masalah,memilih dan menggunakan metode, memunculkan model pembelajaran yang sesuai dan bisa membantu siswa dalam materi penguatan ekonomi maritim dikelas VIII H SMP Negeri 2 Brangsong kebanyakan mendapat nilai dibawah KKM,jauh dari yang diharapkan oleh guru.Siswa banyak yang belum memahami materi yang disampaikan akibat dari metode pembelajaran yang belum sesuai oleh karena itu perlu pembelajaran yang lebih memotivasi dan lebih bermakna sehingga hasilnya sesuai yang diharapkan.Menyikapi permasalahan tersebut pada penguatan ekonomi maritim guru mencoba menggunakan suatu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan siswa yaitu dengan model pembelajaran Group to Group Exchange (GGE).

Baca juga:   Bimbingan Belajar, Makanan Pendamping Siap Saji

Langkah pertama pelaksanaan model Group to Group Exchange dalam pembelajaran materi penguatan ekonomi maritim yaitu memilih topik yang mencakup gagasan, kejadian, posisi, konsep, pendekatan untuk ditugaskan.

Kedua membagi kelas dalam beberapa kelompok sesuai dengan tugas.Ketiga siswa berdiskusi dalam waktu yang ditentukan.Keempat bila diskusi sudah selesai salah satu anggota kelompok menjadi juru bicara.Kelima setiap juru bicara untuk diundang menyampaikan kekelompok lain.Keenam masing – masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dengan singkat.
Kemudian mengajak siswa bertanya kepada kelompoknya atau menawarkan pandangan mereka sendiri.Ketujuh melanjutkan siswa presentasi agar setiap kelompok memberikan informasi dan merespon pertanyaan juga komentar peserta .Kedelapan memberikan penghargaan upaya atau hasil belajar kelompok.Pada akhir pembelajaran ini guru bersama siswa menyimpulkan materi penguatan ekonomi maritim pada pelajaran ips.Selanjutnya guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa dari materi penguatan ekonomi maritim pada pelajaran ips.Dengan demikian pembelajaran kooperatif dengan menggunakan model GGE siswa dikelas VIII H SMP Negeri 2 Brangsong lebih aktif ,lebih termotivasi dalam mengerjakan tugas.Siswa juga dapat saling berbagi diantara kelompok,berani menyampaikan pendapatnya.Selain itu siswa juga fokus pada materi yang dipelajari dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.Halini dibuktikan dengan hasil nilai ulangan harian yang mereka dapatkan diatas KKM. (ikd2/zal)

Baca juga:   Belajar Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi dan Politik Asean dengan Pohon Jaringan

Guru IPS SMPN 2 Brangsong, Kendal

Populer

Lainnya