Pembelajaran Sistem Pengisian melalui Metode STAD

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan. Pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Keberhasilan pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran tergantung kepada beberapa aspek. Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi adalah guru melaksanakan pembelajaran agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Menurut Priansa (2017: 41) berpendapat bahwa belajar yang aktif adalah sistem belajar yang menekankan keaktifan peserta didik. Baik secara fisik, mental intelektual, maupun emosional untuk memperoleh hasil belajar yang berupa perpaduan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Keaktifan belajar yang dialami oleh peserta didik sangat berhubungan dengan segala aktivitas yang terjadi, baik secara fisik maupun nonfisik.

Sistem pengisian adalah merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan yang harus dikuasai oleh siswa kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Kompetensi dasar sistem pengisian tersebut memuat materi teori dan praktik yang harus cepat dikuasi oleh siswa dalam alokasi waktu yang sedikit. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi sebagian siswa kelas XI TKRO4 SMK Negeri Karangpucung yang kurang antusias dan aktif dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu metode atau model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif pada proses pembelajaran tersebut.

Baca juga:   Gairah Menulis Guru: Antara PKB dan PP 19 tahun 2017 Tentang Guru

Salah satu model pembelajaran yang penulis gunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah metode pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions). Model pembelajaran adalah pola atau rencana yang dapat digunakan untuk mengoperasikan kurikulum. Merancang materi pembelajaran, dan untuk membimbing belajar dalam setting kelas atau lainnya.

Menurut Huda (2015:201) metode STAD merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa kelompok kecil siswa dengan kemampuan akademik yang berbeda-beda saling bekerja sama untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran. Sedangkan menurut Isjoni (2010:74) model pembelajaran STAD lebih menekankan kepada aktivitas dan interaksi di antara siswa agar dapat saling memotivasi dan membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai hasil belajar yang maksimal.

Model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) merupakan kelompok model pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran yang menekankan pada kerja sama antarsiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah belajar.

Secara garis besar model ini terdiri dari 5 langkah yaitu : Guru membentuk kelompok secara heterogen yang terdiri dari 45 siswa. Guru menyampaikam materi kompetensi dasar sistem pengisian. Setiap kelompok berdiskusi untuk menyelesaikan soal sistem pengisian yang diberikan oleh guru pada posisi ini terjadilah interaksi antar siswa sehingga siswa menjadi aktif. Guru mengadakan tes individual mengenai soal sistem pengisian serta memberikan skor dari hasil tes individu tersebut kepada kelompoknya. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok berdasarkan skor yang diperoleh. Kelebihan metode STAD adalah siswa yang menguasai materi dapat membantu siswa yang kurang paham, sehingga hal ini mampu menekankan aktivitas belajar secara positif sekaligus sebagai pembelajaran tutor sebaya.

Baca juga:   Meningkatkan Percaya Diri Siswa dalam Berpidato dengan ATM

Model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam proses pembelajaran materi dasar Sistem Pengisian di kelas XI TKRO4 SMK Negeri Karangpucung dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Terjadi interaksi di antara siswa untuk saling memotivasi dan membantu dalam menguasai materi pelajaran, (gml1/lis)

Guru Produktif TKRO SMK Negeri Karangpucung Kabupaten Cilacap

Populer

Lainnya