Pembelajaran Senam Menyenangkan dengan Tayangan Youtube

spot_img

RADARSEMARANG.ID Pembelajaran senam aerobik di SMK Negeri 3 Semarang awalnya memang sulit. Penyebabnya, lantaran siswa tidak tertarik. Siswa malas dalam melakukan gerakan senam. Kalaupun melakukan, mereka masih malu-malu dengan perasaan setengah hati. Sehingga setiap gerakan yang dilakukan kurang sempurna, apalagi ditambah dengan musik yang monoton dan tidak mereka sukai. Contohnya, senam SKJ. Siswa kurang bersemangat melakukan gerakan senam SKJ dan cenderung malas. Karena gerakan dan musiknya monoton.

Salah satu cara meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran senam aerobik di SMK Negeri 3 Semarang adalah menggunakan tayangan musik di Youtube. Mereka bebas memilih musik yang terkini dan disukai. Kegiatan pembelajaran awalnya guru akan membagi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 5 atau 6 siswa. Masing-masing kelompok bebas memilih musik dan gerakan yang disukai dengan melihat Youtube dari ponsel mereka. Dengan Youtube, siswa mudah mengikuti pembelajaran senam aerobik dengan cara membuat siswa mengerti gerakan yang sistematis, menyarankan membuat gerakan yang sederhana dan mudah diikuti, memilih musik yang baru ngetren sesuai dengan gerakan yang akan dilakukan, yaitu musik gerakan pemanasan, inti, dan pendinginan. Misalnya, lagu pop, dangdut dan rock yang terkini atau musik yang mereka sukai. Contohnya, lagu Syantik yang dinyanyikan oleh Siti Badriah, atau lagu lainnya.

Baca juga:   Video Pembelajaran YouTube Efektifkan Pembelajaran di Masa Pandemi

Dengan mendengarkan musik yang baru popular, otak akan menghubungkan tempo dan ritme musik dengan denyut jantung. Bila musik dan denyut jantung bisa seirama maka performa olahraga senam aerobik akan naik. Pada saat itu semua beban pikiran bisa dilepaskan, dan bisa membuat momen senam aerobik lebih menyenangkan. Selain itu, musik memiliki andil penting menentukan denyut jantung seseorang.

Dengan melihat Youtube , minat siswa dalam melakukan senam aerobik semakin meningkat. Siswa akan merasa senang, sehingga akan berpengaruh baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan siswa. Melakukan senam aerobik yang teratur dan terukur diharapkan kebugaran dan kesehatan tubuh siswa akan senantiasa terjaga dan mendukung kegiatan sehari-hari, dapat menyelesaikan tugas-tugas belajar dengan baik, dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Ada sejumlah faktor yang memengaruhi keberhasilan dalam belajar senam aerobik, antara lain faktor yang bersumber pada dirinya dan luar dirinya atau lingkungannya , yaitu aspek jasmaniah yang mencakup kondisi fisik atau kesehatan jasmani dari individu siswa. Kondisi fisik yang prima sangat mendukung keberhasilan belajar senam aerobik dan dapat memengaruhi minat belajar senam aerobik.

Baca juga:   Cerita Rakyat Memanfaatkan Voice Note sebagai Alternatif PJJ Bahasa Jawa

Secara psikologis perhatian siswa saat proses belajar senam aerobik sangat berhubungan dengan minat belajar. Perhatian dan kesadaran siswa dalam melakukan senam aerobik merupakan pemusatan energi psikologi yang tertuju kepada suatu objek pelajaran atau kesadaran yang menyertai aktivitas belajar. Tanpa adanya perhatian dalam aktivitas belajar akan berdampak terhadap kurangnya penguasaan materi senam aerobik. Sehingga hasil yang dicapai dalam belajar senam aerobik kurang memuaskan. Kurangnya perhatian terhadap materi yang senam aerobik dipelajari juga mengakibatkan kurangnya minat belajar senam aerobik pada diri siswa. (by1/aro)

Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMK Negeri 3 Semarang

Populer

Lainnya