Edmodo Bikin Belajar Siswa lebih Inovatif

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DI era globalisasi di bidang teknologi informasi sekarang ini keberadaan alat komunikasi handphone atau gadget bukan lagi merupakan barang mewah tetapi sudah menjadi kebutuhan untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari – hari sebagai alat komunikasi satau sebagai sarana hiburan ( bermain game ).

Gadget berubah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang dari segala lapisan masyarakat maupun usia. Sekarang ini pengguna gadget tidak hanya dari kalangan orang dewasa akan tetapi banyak usia sekolah dasar yang menggunakan gadget dalam aktifitas sehari – hari ketika di rumah maupun saat berkumpul bersama teman – temannya. Di era Tekno;ogi Informasi anak – anak sekolah dasar sudah familier dengan media sosial.

Pemberian gadget pada anak memiliki dampak positif dan negative. Dampak positif dari Gadget dapat mempermudah komunikasi antara anak dan orangtua, selain itu gadget dapat menambah wawasan atau pengetahuan untuk anak dalam belajar. Dari internet anak dapat memperoleh ilmu pengetahuan serta mendapatkan informasi tentang tugas yang didapat dari sekolah.
Berdasarkan hal tersebut agar penggunaan gadget bermanfaat bagi peserta didik SDN Tambakaji 05, khususnya siswa kelas VI pada semester genap. Guru dituntut untuk berkreasi dalam pembelajaran di kelas maupun tugas yang harus dikerjakan di rumah.
Merujuk dari permasalahan tersebut maka dengan memberikan pemahaman tentang media pembelajaran Edmodo merupakan salah satu media pembelajaran berbasis e-learning yang dapat menigkatkan proses belajar mengajar menjadi aktif dan inovatif dengan pemanfaatkan sistem internet .

Baca juga:   Tingkatkan Kemampuan Calistung Siswa dengan Media Kit Tematik

Menurut Gruber ( dalam Nasrullah, 2017 : 2 ) “ Edmodo merupakan website jejaring sosial yang mirip dengan facebook yang digunakan untuk proses pembelajaran. Edmodo sering disebut sebagai facebooknya pendidik karena Edmodo diperuntukkan bagi pendidik, peserta didik dan orang tua “. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran Edmodo dapat mengefisienkan waktu.

Edmodo memiliki kemiripan dengan facebook hanya saja Edmodo lebih bersifat edukatif dan lebih banyak digunakan untuk kepentingan dunia pendidikan. Edmodo dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk semua mata pelajaran kecuali mata pelajaran yang membutuhkan aktifitas dan pengamatan langsung. Dalam penggunaan Edmodo terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kode khusus untuk setiap kelas / Grup. Jika siswa ingin bergabung pada suatu grup, maka siswa terlebih dahulu mengetahui kode khusus grup tersebut.

Edmodo mempunyai bebrapa manfaat dalam pembelajaran sebagai berikut : Edmodo merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efisien untuk para guru dan siswa. Dengan Edmodo, siswa satu dengan siswa lainya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari guru. Edmodo mempermudah komunikasi antara guru, siswa sekaligus orangtua siswa. Sebagai sarana yang tepat untuk latihan ujian maupun quiz yang berisi soal – soal usbn yang dibuat oleh guru atau joint grup. Dengan Edmodo siswa bisa leluasa mengerjakan tugas tanpa terpancang oleh waktu dan tempat.

Baca juga:   Pembiasaan Keagamaan Membentuk Sikap Religius Warga Sekolah

Dilihat dari manfaat dan juga fitur – fiturnya, edmodo merupakan pilihan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran online. Selain itu Edmodo juga mempermudah kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa. Dari segi guru, siswa, maupun orang tua, semua pihak dapat diuntungkan dengan kehadiran edmodo.
Guru menjadi lebih mudah memberikan materi pada siswa. Pengarsipan berbagai dokumen yang diperlukan untuk mengajar lebih terorganisir, juga materi pengajaran yang lebih luas karena dapat berbagi dengan grup yang lain. Guru lebih mudah untuk memantau perkembangan tiap siswa. Sementara itu dari sisi siswa belajar jadi tidak monoton duduk di kelas dan mendengarkan guru menjelaskan saja.

Dengan joint grup siswa dapat berlatih soal – soal persiapan ujian sekolah yang akan berimbas pada pemahaman soal dan berdampak meningkatnya hasil nilai ujian. (by1/zal)

Guru SDN Tambakaji 05 Ngaliyan

Populer

Lainnya