Mudahnya Membangun Karakter Siswa melalui Pembiasaan 5S

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SEKOLAH merupakan lembaga pendidikan yang diciptakan oleh masyarakat untuk menyediakan lingkungan belajar. Kegiatan pembelajaran diselenggarakan untuk membentuk watak atau karakter peserta didik, membangun pengetahuan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik.

Upaya pembentukan karakter bagi peserta didik perlu dilakukan secara terus-menerus untuk meningkatkan karakter yang lebih baik dan competence lebih tinggi dan tangguh, karena karakter baik merupakan salah satu sikap fundamental pola piker dan perilaku seseorang untuk keberhasilan hidup yang lebih baik, yang menjunjung tinggi budaya dan etika sebagai bekal hidup di dalam masyarakat dan bangsa.

Bagaimana membentuk karakter peserta didik melalui pembiasaan di sekolah?
Membentuk karakter merupakan proses yang berlangsung seumur hidup dan bagian penting kinerja pendidikan karakter merupakan bentuk kepribadian yang melekat pada diri seseorang. Upaya pendidikan nilai moral dalam membina sikap disiplin peeserta didik di sekolah dengan tujuan membentuk karakter peserta didik agar menjadi insan dan generasi yang memiliki akhlak yang baik, melalui pembiasaan yang diterapkan di sekolah kami SMPN 1 Tersono. Adanya budaya 5S, yaitu; senyum, salam, sapa, sopan dan santun diharapkan dapat membentuk karakter siswa lebih baik.

Baca juga:   Peran Orang Tua dalam Mendampingi Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19

Selain itu juga diterapkan adanya tata tertib sekolah yang harus dipatuhi oleh peserta didik, karena pendidikan karakter akan terbangun melalui kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib yang ada di sekolah.

Pendidikan karakter sangat berkaitan erat dengan kedisiplinan. Oleh karena itu, membangun pendidikan karakter bagi peserta didik tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh proses yang sangat ekstra dalam waktu yang sangat lama. Adanya keselarasan antara kedisiplinan dan pendidikan karakter mampu memberikan sesuatu yang bernilai tinggi terhadap aspek peserta didik, agar peserta didik memahami arti tentang kedisiplinan dan pendidikan karakter bagi peserta didik di sekolah.
Ada empat langkah untuk membangun sebuah kedisiplinan, dimana yang pertama; harus memulai dengan satu kebiasaan yang nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan. Kedua; memiliki komitmen untuk memulai, ketiga; membangun konsistensi dengan bertindak, keempat; dengan menyiapkan tanam, rawat, dan ulangi apa yang dilakuan.

Saat ini pendidikan karakter bagi peserta didik sangat penting diterapkan demi mengembalikan karakter bangsa Indonesia yang sudah mulai luntur. Dengan dilaksanakannya pendidikan karakter di sekolah diharapkan dapat menjadi solusi atas masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dapat dilaksanakan pada ranah pembelajaran (kegiatan pembelajaran), pengembangan budaya sekolah, dan pusat kegiatan belajar.

Baca juga:   Cara Membangun Karakter Anak

Dengan demikian, membangun karakter disiplin sangat perlu bagi peserta didik. Melalui nilai-nilai moral yang ada di lingkungannya, bisa keluarga, sekolah dan masyarakat, dengan tidak menutup kemungkinan membangun karakter disiplin dapat menunjang peserta didik untuk menanamkan nilai-nilai moral dalam dirinya. Dianjurkan agar di sekolah lebih ketat dengan pembiasaan sikap disiplin yang diterapkan ke peserta didik. Hal ini bertujuan untuk memperkuat nilai moral peserta didik agar menjadi manusia yang mandiri, kreatif, dan berwawasan kebangsaan. (pkn2/zal)

Guru PPKn SMPN 1 Tersono Kabupaten Batang

Populer

Lainnya