Menulis Teks Naratif Bahasa Perancis dengan Kartu Gambar Berseri

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Seorang guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran. Sekurang-kurangnya, seorang guru hendaknya memiliki pemahaman tentang (a) media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar, (b) fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, (c) seluk-beluk proses belajar, (d) hubungan antara metode mengajar dan media pendidikan, (e) nilai atau manfaat media pendidikan dalam pengajaran (Arsyad: 2004).

Pemakaian media pembelajaran yang menarik, inovatif, dan berdaya guna dapat membangkitkan keinginan dan minat siswa SMAN 2 Ungaran dalam pembelajaran menulis teks naratif bahasa Perancis yang dirasa sulit. Siswa harus memiliki kosa kata yang cukup, pilihan kata yang tepat, serta imajinasi yang cukup tinggi untuk menciptakan sebuah tulisan yang baik.

Untuk mencari solusi dari permasalahan di atas, penulis berinovasi dengan membuat Media Kartu Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Teks naratif Bahasa Perancis yang praktis dan berdaya guna. Media pembelajaran ini dapat digunakan di dalam kelas maupun di luar kelas. Media gambar berseri adalah sejumlah gambar dimana antara satu gambar dengan gambar lainnya saling berkaitan dan membentuk sebuah alur cerita tertentu.

Baca juga:   Google Classroom Solusi dalam Pembelajaran Daring Trigonometri

Proses pembuatan Media Kartu gambar berseri tidaklah begitu rumit. Dimulai dari mengumpulkan gambar-gambar berseri dari internet. Gambar-gambar tersebut selanjutnya dipilih yang layak untuk dijadikan media pembelajaran menulis teks naratif, pemilihan tersebut disesuaikan dengan perkembangan siswa serta gambar bisa menimbulkan daya imajinasi dalam pengembangan sebuah tulisan. Gambar-gambar berseri yang telah diperoleh dan diseleksi selanjutnya dicetak dengan cara mengeprint sesuai dengan ukuran kartu permainan dengan sebelumnya menambahkan nomor di tiap kartu atau gambar.

Penggunaan media kartu gambar berseri dalam pembelajaran menulis teks naratif Bahasa Perancis dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat guru dengan langkah-langkah sebagai berikut; (1) pembacaan sebuah teks naratif bahasa Perancis sederhana oleh guru, (2) tanya jawab isi teks dan ciri-ciri teks naratif yang baik dan menarik serta cara-cara membuat sebuah teks naratif yang baik, (3) pembentukan kelompok dan penjelasan cara penggunaan media kartu gambar berseri, (4) pembagian media kartu gambar berseri kepada setiap kelompok, (5) setiap kelompok akan bermain kartu gambar berseri tersebut. Salah satu siswa mengocok kartu kemudian membagikan kepada tiap siswa dalam satu kelompok, selanjutnya masing-masing siswa membuka kartunya. Siswa yang mendapat nomor paling besar mendapat urutan pertama dalam menyampaikan isi kartu yang diperoleh, dilanjutkan oleh nomor-nomor di bawahnya secara berurutan. Masing-masing siswa bercerita tentang isi kartu yang diperoleh menurut kreativitasnya, (6) siswa menuliskan sebuah teks naratif dari hasil kartu gambar berseri yang diperoleh dan diceritakan tadi, (7) siswa merangkai kata-kata yang sesuai sehingga tercipta tulisan yang baik, (8) guru menyuruh salah satu siswa untuk membacakan teks naratif hasil karyanya.

Baca juga:   Tantangan Online Learning dalam Pembelajaran di Masa Pandemi

Pembuatan media Kartu gambar berseri dalam pembelajaran menulis teks naratif bahasa Perancis relatif mudah. Penggunaan media Kartu gambar berseri ini dapat meningkatkan proses kreatif siswa dalam membuat teks naratif Bahasa Perancis dan juga hasil tulisannya juga lebih baik.

Guru Bahasa Perancis,SMA N 2 Ungaran

Populer

Lainnya