Belajar Dinamika Penduduk dengan Berkunjung ke Pusat Pemerintahan

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PROSES belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan peserta didik atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu.Dalam rangka pencapaian tujuan tersebut,guru memiliki peranan yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru diharapkan menjadi guru yang kreatif serta mampu memiliki metode dan media pembelajara yang sesuai dengan materi yang diajarkan.Dengan cara menggali potensi yang ada pada peserta didik, materi yang disampaikanpun harus menarik dan merangsang rasa ingin tahu. Sehingga peserta didik tidak lagi pasif dalam pembelajaran, tetapi antara guru dan peserta didik sama-sama aktif dalam pembelajaran.

Ada beberapa strategi pembelajaran IPS yang menarik diantaranya mengunjungi pusat informasi. Di SMP SMP Negeri 3 Doro, kebetulan lokasinya berdekatan denganPusat Pemerintahan Desa Harjosari, sehingga untuk materi Dinamika penduduk kelas VII semester satu, dalam pembelajarannya bisa dibawa ke Pusat Pemerintahan untuk menggali informasi masalah kependudukan.

Dinamika Penduduk adalah perubahan jumlah penduduk pada suatu wilayah yang disebabkan oleh tiga faktor yaitu kelahiran ( natalitas ), kematian ( mortalitas ), dan perpindahan (migrasi). Untuk memahami materi tersebut, peserta didik cenderung pasif hanya mendengarkan penjelasan guru saja, untuk itu perlu gebrakan baru agar peserta didik tertarik dengan materi tersebut. Salah satunya menggunakan metode berkunjung ke Pusat Pemerintahan Desa yang lokasinya terdekat dengan sekolah, untuk melihat data kelahiran ,kematian, dan lain-lain yang ada pada data demografi

Baca juga:   Strategi Pembelajaran Online IPS Tingkatkan Efektivitas Belajar Siswa

Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah pertama peserta didik didalam kelas diberi rangsangan materi tentang kependudukan. Kedua peserta didik membuat daftar pertanyaan seputar kependudukan yang akan ditanyakan. Ketiga peserta didik dibawa ke Pusat Pemerintahan Desa untuk melihat dan mencatat data demografi, tetapi sebelum kunjungan dilaksanakan, ada perwakilan peserta didik dan guru untuk menyerahkan surat ijin ke Pusat Pemerintahan. Keempat peserta didik melakukan wawancara dengan perangkat desa tentang kependudukan. Setelah pencarian data cukup, peserta didik dibawa kembali ke sekolah. Kelima peserta didik mengolah data demografi tersebut beserta hasil wawancaranya untuk dipresentasikan, Langkah keenam adalah presentasi hasil kunjungan yang dilakukan pada pertemuan berikutnya.

Dengan kegiatan tersebut peserta didik diharapkan bisa mengetahui Dinamika penduduk yang ada diwilayahnya, dengan melihat data demografi yang ada di Pusat Pemerintahan terdekat baik jumlah penduduk,persebaran penduduk, komposisi penduduk berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan maupun pekerjaan. (mat2/zal)

Guru IPS SMP Negeri 3 Doro Pekalongan

Populer

Lainnya